Darmansyah Husein Tak Permasalahkan Pemda Ngutang Asal Kreatif dan Inovatif

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Rancangan Undang-Undang (RUU) pinjaman daerah yang kini diusulkan menjadi undang-undang akan memudahkan pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan pinjaman dalam upaya mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selama ini ada aturan yang mengatur, payung hukumnya ada ada tapi terpencar tak spesifik, ” kata Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Bangka Belitung (Babel), Darmansyah Husein, Senin (20/4).

Ia melihat, tren sekarang dalam pembiayaan pembangunan kenyataan tidak selalu kebutuhan biaya sejalan dengan perencanaan yang dibuat, oleh karena itu buat creative finansial strategies.

“Tentunya untuk pengembalian harus diperhitungkan apa hak yang melekat, ada upaya kreatif dan inovatif untuk menumbuhkan pendapatan,” tandasnya.

Disinggung pembangunan dengan cara berhutang ini akan memberatkan pemda, Darmansyah menegaskan jangan muncul bahwa asumsi ngutang itu jelek. Dalam hal ini, pemda berhutang untuk pembangunan yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan.

“Tolong jangan ada timbul bahwa image ngutang itu jelek. Kalau perputaran uang APBD sekian tapi pembangunan jauh di atas itu, namanya kreatif. Manfaatkan pinjaman ini sebaik mungkin,” ingatnya.

Pinjaman ini, tegasnya, harus direncanakan dengan baik, agar tepat sasaran dan tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana dengan baik.

“Siapa bilang minjam itu jelek, asal dimanfaatkan bener-bener, kalau pinjaman untuk foya-foya itu yang tidak betul,” tandasnya.

Kunjungan DPD ini, untuk mendapatkan masukan terkait penyusunan RUU pinjaman daerah, yang diterima oleh Wagub Babel, serta beberapa OPD diantaranya Bakuda, Bappeda dan Inspektorat. (two/*)

loading...

Check Also

Ratusan Personel Polres Bateng Tertibkan Tambang Ilegal di Marbuk, Kenari dan Pungguk

WARTABANGKA.COM, KOBA – Ratusan personel Polres Bangka Tengah (Bateng) bersama unsur terkait menertibkan aktivitas tambang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *