Deteksi Covid-19, Pemprov Babel Akan Gunakan GeNose

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menggunakan GeNose, sebagai alat untuk mendeteksi keberadaan virus corona dalam tubuh seseorang. Alat pendeteksi COVID-19 berbasis embusan nafas itu disebut akan diterapkan di sejumlah tempat umum.

“Kita sudah pesan, ada 10 alat yang disumbangkan untuk Babel, tetapi untuk mendapatkan alat itu, kita harus menunggu, ” ujar Gubernur Babel, Erzaldi Roesman, Senin (1/2).

GeNose C19 merupakan alat pendeteksi COVID-19 buatan ahli UGM yang digawangi oleh Dr. Kuwat Triyana dan dikembangkan bersama dengan PT Swayasa Prakarsa di bawah dukungan UGM Science Techno Park.

GeNose merupakan inovasi pertama di Indonesia untuk pendeteksian COVID-19 melalui hembusan nafas yang aplikasinya terhubung dengan sistem cloud computing untuk mendapatkan hasil diagnosis secara real time. 

Hanya dalam hitungan cepat, sesaat seseorang setelah bernafas dengan sensitifitas 90%, spesifitas 96%, akurasi 93%, dengan PPV 88%, dan NPV 95%.

GeNose C19 juga mampu bekerja secara paralel melalui proses diagnosis yang tersentral di dalam sistem sehingga validitas data dapat terjaga untuk semua alat yang terkoneksi.

Data yang terkumpul di dalam sistem selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan pemetaan, pelacakan dan pemantauan penyebaran pandemi secara aktual. Selain itu, biaya penggunaan GeNose pun lebih terjangkau untuk masyarakat.

Erzaldi menambahkan, GeNose ini, nantinya akan ditempatkan di rumah sakit, dan fasilitas umum, untuk mendeteksi seseorang apakah terpapar virus corona atau tidak.

“Janjinya minggu kedua februari sudah ada, dinas juga sudah pesan, karena akan ditempatkan di rumah sakit, saya berharap akan menjadi alat resmi deteksi yang terpapar karena efektif, murah dan cepat, ” harapnya.

Untuk diketahui, pada 24 Desember 2020 lalu GeNose secara resmi telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. Pada Jumat (15/01/2021) diadakan konferensi pers produk pengembangan dan inovasi GeNose untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pengenalan alat GeNose C19 oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (Kemristek/BRIN).(*/two)

loading...

Check Also

Ringankan Korban Kebakaran di Kelurahan Pintu Air, PT Timah Serahkan Bantuan Sembako

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Meringankan beban korban kebakaran yang terjadi di Jalan Kenali Asam, Kelurahan Pintu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *