Dewan Kesenian Belitung Minta Dukungan DPRD Babel

WARTABANGKA.COM, TANJUNGPANDAN -Dewan Kesenian Kabupaten Belitung meminta dukungan DPRD Bangka Belitung (Babel) agar diberikan ruang untuk berkreasi dalam upaya melestarikan budaya dan kesenian di Kabupaten Belitung.

Hal ini terungkap, ketika Ketua DPRD Babel melakukan kunjungan kerja ke Belitung dan menerima audensi dari Dewan Kesenian Belitung, di Wisma Bougenville, Tanjunpandan, Belitung, Kamis malam (1/7).

Ketua Dewan Kesenian Belitung, Iqbal Saputra menginginkan adanya sinergi antara Dinas Pariwisata Provinsi Babel, Kabupaten Belitung, dan DPRD untuk bersama-sama membangun Babel.

“Pertemuan ini selain memperpanjang tali silaturahmi, juga upaya sinergi untuk pembangunan Bangka dan Belitung, ” ujarnya.

Iqbal menyebutkan, sejak berdiri dari tahun 2019, Dewan Kesenian Belitung mulai melakukan pendataan dan inventarisasi terhadap kesenian dan budaya Belitung. Selama ini, kata dia belum ada data resmi dan lengkap terkait banyaknya sanggar di Belitung, jenis budaya dan ragam kesenian lainnya.

“Ini tugas bersama makanya harus ada kerjasama, kalau bisa sinergi kenapa tidak. Kami berharap ada sinergi,” tukasnya.

Selain itu, pihak yang juga berharap diberikan ruang untuk berkreasi dalam pembelajaran agar ada referensi untuk anak-anak tentang kesenian.

“Harapan kami orang-orang yang punya kewenangan memberikan ruang untuk berinteraksi berekspresi, karena banyak kegiatan dan rencana untuk pembelajaran kesenian agar ada regenerasi, kami khawatir semakin hari regenerasi kesenian ini terkikis.
Paling tidak ada diberikan ruang untuk itu,” jelasnya.

Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi mengaku bersyukur bisa berdiskusi dengan Dewan Kesenian Belitung, karena ia mendapat banyak masukan dan gambaran mengenai pengembangan pariwisata di Belitung, tak sekedar dari sisi kesenian dan budaya saja.

Ia menyambut baik keinginan Dewan Kesenian ini, sejalan dengan niat Provinsi Babel untuk mengembangkan sektor pariwisata baik di Bangka maupun di Belitung, yang harus didukung pula oleh pihak-pihak terkait.

“Sebagai anggota DPRD kita akan berbuat lebih baik dalam rangka meningkatkan kegiatan pariwisata di Belitung. Apa yang mereka sampaikan itulah yang terjadi di Belitung. Negara harus hadir, sehingga apa yang menjadi cita-cita tercapai,” ulasnya.

Selain dukungan anggaran, Herman melihat Dewan Kesenian Belitung ini juga menginginkan kordinasi yang baik di seluruh sektor, misalnya pembangunan atau infrastruktur, kesehatan dan lainnya.

“ketika di bidang pekerjaan umum merencanakan pembangunan jalan berkaitan peningkatan pariwisata, begitu juga kesehatan untuk peningkatan pariwisata,” pungkasnya.

Pertemuan ini berlangsung santai tetapi sarat makna, dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Diskusi ini juga dihadiri oleh Kepala UPTD balai Pengembangan pariwisata wilayah Belitung, Apri Yuliansyah, dan Anggota DPRD Babel dapil Belitung, Taufik Mardin. (two/*)

loading...

Check Also

APBD Babel Tahun 2022 Defisit Rp 152 Miliar

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Rancangan APBD tahun 2022 akhirnya diketuk palu, dan sah setelah disetujui oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *