DPRD Babel Gelar Paripurna Penyampaian LKPj Gubernur Tahun Anggaran 2020

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) gubernur Tahun Anggaran (TA) 2020, Rabu (31/3).

Sesuai dengan amanat PP No. 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah pasal 19 ayat 1 Kepala Daerah menyampaikan LKPj kepada DPRD dalam rapat paripurna yang dilakukan 1 kali dalam 1 tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Kita menjalankan LKPj itu sesuai dengan peraturan-peraturan yang sudah diamanatkan oleh Undang-Undang, kemudian sesuai dengan kewenangan DPRD itu pengawasan dan budgeting,” kata Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi usai rapat paripurna.

Menindaklanjuti LKPj gubernur TA 2020 ini, diungkapkan dia, pihaknya akan menggelar rapat badan musyawarah (banmus) sesuai dengan bidang-bidang di tiap komisi bersama para mitranya.

“Kita akan menyusun jadwal mengenai pembahasan-pembahasan LKPj itu sesuai dengan komisi-komisi dan para mitranya yang terkait sehjngga nanti kita akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk perbaikan Pemprov Babel,” terangnya.

“Jadi LKPj itu akan kita bahas di tiap OPD, semuanya akan kita buat dalam rekomendasi, tentunya ini untuk perbaikan,” terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan, penyampaian LKPj merupakan kewajiban dari siklus rutin tahunan penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang disampaikan Gubernur kepada DPRD

‘Alhamdulillah secara umum dapat berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa hambatan dan tantangan, berkat kerjasama yang baik dan dukungan dari berbagai pihak dapat kita lalui,” ujar Erzaldi.

Pandemi yang telah berlangsung satu tahun lebih ini diutarakan dia, memberikan dampak besar terhadap aspek kehidupan masyarakat, sehingga memaksa pemerintah Provinsi Babel untuk mengambil kebijakan terkait realokasi anggaran difokuskan untuk penanggulangan dan penanganan wabah Covid-19.

Erzaldi berharap, pandemi ini dapat segera berakhir sehingga pertumbuhan ekonomi dapat berangsur pulih. Dengan begitu program pemerataan pembangunan yang dicanangkan pemerintah daerah dapat berjalan dan kesejahteraan masyarakat kep. Babel dapat terwujud.

“Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga perekonomian di Babel dapat segera pulih dan bangkit. Pemerataan pembangunan pun dapat terwujud dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” harapnya. (DEI)

loading...

Check Also

Pemprov Babel dan Lampung Sepakat Bangun Jalur Transportasi Laut

WARTABANGKA, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) dan Pemprov Lampung sepakat untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *