Dukung Geopark Bangka Barat Menuju Nasional, Talkshow Hingga Geobike 2021 Digelar

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Dalam rangka mewujudkan Geopark Bangka Barat menuju Geopark Nasional, Bupati Bangka Barat, H. Sukirman bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Erzaldi Rosman Djohan, Kapolda Babel, Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat, Danrem 045/Gaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto, Forkopimda, Badan Pengelola Geopark dan Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat berkolaborasi sekaligus menjalin sinergitas.

Untuk mewujudkan hal tersebut, segala rangkaian promosi pun telah dilakukan dimulai dengan melaksanakan talkshow yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Babar dengan tema ” Pentingnya mengenal asal usul nama Desa/Kelurahan/Kampung/Dusun di kabupaten Bangka Barat ” pada Jumat (9/7) di Pasanggrahan BTW Muntok.

Talkshow tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman, Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, Kapolres Bangka Barat yang diwakili Wakapolres Kompol Johan Wahyudi, SH, Dandim 0431/Babar yang diwakili Kapten Inf. Indriawan, SH, Kajari Babar yang diwakili oleh Agung Dhedi, Sejarawan Babel, Dato’ Akhmad Elvian serta ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat, Arie Kurniardi.

Kegiatan talkshow ini bertujuan untuk menjaga budaya dan kearifan lokal sebagai bagian dari Culturaldiversity dalam pengembangan Geopark Bangka Barat.

Dalam talkshow ini juga dilakukan penyerahan hadiah lomba menulis asal usul nama Desa/Kelurahan di Kabupaten Bangka Barat yang telah diselenggarakan oleh Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat.

Selain itu, masih dalam rangkaian kolaborasi dukungan Geopark Bangka Barat menuju nasional, Bupati, H. Sukirman bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman, Kapolda Babel, Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat, Danrem 045/Gaya, Brigjen TNI. M. Jangkung Widyanto, S.I.P., M.Tr (Han), Pengurus Badan Pengelola Geopark Bangka Barat, Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bangka Barat, serta beberapa Komunitas Sepeda melakukan gowes penelusuran tiga geosite di Kecamatan Muntok yang berada dalam lingkup Geopark Bangka Barat pada Sabtu (10/7).

Menurut Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, Geobike ini merupakan langkah awal untuk mensosialisasikan keberadaan geosite khususnya di Kecamatan Muntok.

” Selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan penelusuran geosite lainnya di kecamatan lain se – Kabupaten Bangka Barat,” ungkap H. Sukirman.

Lebih lanjut, kata Sukirman, berdasarkan hasil kajian tahun lalu, terdapat 27 titik geosite yang tersebar di Kabupaten Bangka Barat.

” Saat ini pengembangan Geopark Bangka Barat baru sampai pada tahap pengusulan penetapan geoheritage ke Badan Geologi Kementerian ESDM dan diperkirakan akan diverifikasi tahun ini,” sebut Sukirman.

Kegiatan yang bertajuk Geobike kali ini bertumpu di Kecamatan Muntok. Start gowes dimulai dari Geosite Air Terjun Bukit Tani yang terletak di area komplek Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Dengan menempuh jarak sepanjang 15 kilometer, para peserta Geobike mengunjungi geosite Menumbing dengan mengambil titik henti di area Batu Balai. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke titik finish yakni Pantai Batu Rakit yang merupakan bagaian dari Geosite Tanjung Kalian.

Di setiap titik geosite, para peserta diberikan pemahaman tentang nilai-nilai ilmiah dan potensi yang lain oleh Badan Pengelola Geopark Bangka Barat.

Di lokasi finish, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengungkapkan harapannya agar keberadaan Geopark Bangka Barat dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Bangka Barat.

” Oleh sebab itu, saya meminta agar Badan Geologi serta Komite Nasional Geopark Indonesia ( KNGI ) dapat segera memproses pengusulan yang disampaikan oleh Pemkab Bangka Barat serta Pemprov Kepulauan Bangka Belitung terkait tahapan pengembangan Geopark Bangka Barat agar dapat segera dijadikan sebagai salah satu Geopark Nasional di Indonesia, dan selanjutnya diteruskan ke tingkat Internasional,” tutup Erzaldi. ( IBB/ADV )

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui Perda Perubahan Anggaran, Fraksi PKS Soroti Hal ini

WARTABANGKA, PANGKALPINANG — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyetujui peraturan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *