Efredi Effendy: Bersama Lindungi Anak

WARTABANGKA, PANGKALANBARU – Maraknya tindak kekerasan terhadap anak, tingkat putus sekolah tinggi, pernikahan dini meningkat dan eksploitasi anak, mendapat perhatian serius Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Efredi Effendy.

Pasalnya, anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dilindungi.

Ketua Komisi III DPRD Babel Efredi Effendy mengatakan, Perda Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan perlindungan anak, sangat penting untuk diketahui dan dipahami masyarakat.

“Perda ini dibuat bertujuan untuk mengingatkan kembali pentingnya peran orangtua dalam tumbuh kembang anak dan tanggung jawab kita bersama untuk lebih memperhatikan hak-hak anak,” ujar Efredi Effendy, saat penyebarluasan Perda didampingi Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syawaludin, S.Pd., MH,  di Aula Pertemuan Hotel Grand Vella, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (4/12).

Lebih jauh disampaikan Legislator Golkar ini, bahwa masih banyaknya di kehidupan sehari-hari ditemui anak-anak yang dibiarkan berkeliaran di jalan raya dan tempat umum untuk bekerja mencari uang.

“Hal tersebut Termasuk dalam eksploitasi dan kekerasan terhadap anak, sehingga seharusnya menjadi perhatian kita bersama dan tak segan melaporkannya kepada pihak yang berwenang,” terang Anggota Fraksi Golkar DPRD Babel itu.

Untuk memenuhi hak perlindungan anak juga bisa dengan membuatkan Akte anak, mengarahkan dan mengikuti minat anak sesuai kemampuannya tanpa harus dipaksakan mengikuti keinginan orangtua serta dengan lebih sering membimbing anak tanpa adanya bentakan dan kontak fisik berlebih (kekerasan) terhadap anak.
 
“Penting bagi orangtua untuk lebih mengawasi kegiatan anak, sehingga dapat memahami tanggung jawab orangtua dan hak-hak anak,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya, perlunya menanamkan etika terhadap anak, apalagi di era digital saat ini.

Sehingga diharapkan, agar anak tak menjadi korban kejahatan siber dalam bentuk apapun, jadi dibutuhkan perhatian ekstra dalam menghadapi anak di era digital saat ini.

“Saya harapkan, tokoh masyarakat dan peserta yang hadir disini dapat memberikan pengaruh kuat dalam menginformasikan dan menyebarluaskan perda ini kepada masyarakat luas,” harapnya. (*/rls)

loading...

Check Also

200 Orang Ikuti Vaksinasi Booster di Mapolres Bangka Tengah

WARTABANGKA, KOBA – Polres Bangka Tengah melaksanakan vaksinasi booster sejak Jumat (14/1). Hingga Sabtu (15/1), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *