Enam Mahasiswa Jalani Program Kampus Mengajar di SD IT Jamalullail Belinyu

WARTABANGKA.COM, BELINYU– Sebanyak 6 mahasiswa berkolaborasi dalam menjalankan program Kampus Mengajar di SD IT Jamalullail, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa dari program studi yang berbeda-beda yakni PGSD, Pendidikan Biologi, Manajemen dan Manajemen Sumber Daya Perairan di bawah bimbingan Acep Roni Hamdani.

Kampus Mengajar merupakan bagian dari Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri di luar kelas perkuliahan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 12 minggu terhitung sejak 22 Maret- 25 Juni 2021.

Afivatuzzahro yang merupakan mahasiswa PGSD Universitas Ahmad Dahlan, selaku ketua kelompok kegiatan kampus mengajar di SD IT Jamalullail

Belinyu mengatakan, ada 4 kegiatan unggulan dari program ini, diantaranya mengajar di kelas, literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah.

Implementasi 4 kegiatan unggulan yang telah dilakukan di SD IT Jamalullail diantaranya mengajar di kelas dengan menerapkan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik, mengumpulkan buku-buku bacaan untuk peserta didik, membuat pojok literasi pada tiap kelas, mengadakan sosialisasi penggunaan aplikasi-aplikasi pendukung pembelajaran daring untuk para guru-guru, dan membantu guru dalam menyusun dan mengembangkan RPP.

“Selain program kerja di atas, ada program kerja tambahan yang kami lakukan, diantaranya kegiatan penghijauan sekolah, pemilahan sampah sekolah, dan perbaikan taman sekolah,” tambahnya.

“Dalam menyukseskan setiap program kerja, tentu saja harus ada kerja sama dan komunikasi yang baik antar para mahasiswa, guru pamong, dan juga DPL. Untuk itu, dalam satu minggu kami akan mengadakan satu kali pertemuan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan dan menentukan tindak lanjut dari setiap kegiatan,” tambah Cyndhi Oktajayanti, mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan.

Sementara, Kepala SD IT Jamallulail, Bukhori mengapresiasi program kerja yang telah dilakukan para mahasiswa di sekolahnya. “Kami mengucapkan terima kasih dan merasa sangat terbantu dengan hadirnya adik-adik mahasiswa di SD IT Jamalullail. Kami juga akan selalu mendukung setiap kegiatan positif yang kalian lakukan. Semoga ilmu yang telah dibagikan kepada kami dapat menjadi amal jariyah bagi adik-adik sekalian,”katanya. (rel)

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun Anggaran 2020 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *