Fraksi Demokrat Minta Pemprov Babel Punya Terobosan Tingkatkan Pendapatan Daerah

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ranto Sendhu meminta Pemprov Babel dapat berpikir kreatif dan inovatif untuk memulihkan ekonomi daerah pada 2021 mendatang. Diketahui, APBD provinsi mengalami defisit yang cukup signifikan imbas dari pandemi Covid-19.

“Kami harapkan adanya terobosan yang baru untuk meningkatkan PAD, namun dengan tidak memberatkan masyarakat agar roda pemerintahan dapat berjalan optimal meski dalam kondisi pandemi,” kata Ranto, Minggu (29/11).

Diutarakan dia, Fraksi Partai Demokrat meminta Pemprov Babel juga dapat memperhatikan betul kegiatan yang akan dilaksanakan dengan tepat dan jelas manfaatnya bagi masyarakat, bila perlu menunda apabila kegiatan tersebut tidak masuk skala prioritas.

“Lakukan inventarisir kegiatan, karena kita dalam kondisi tekanan yang tidak pasti akibat pandemi ini. Hal ini juga untuk menjaga agar pelayanan pemerintah yang berdampak langsung terhadap masyarakat dapat terjaga,” tukasnya.

Pihaknya pun mengharapkan di tahun 2021 nanti, terus dilakukan secara intensif pengendalian kas daerah agar tetap terjaga positif selain itu Pemprov Babel juga harus selektif dalam merealisasikan anggaran belanja sesuai sumber pendanaan.

“Selain itu, tahun depan usaha-usaha pemulihan ekonomi daerah secara bertahap harus ditangani secara serius,” jelas Sekretaris Komisi IV ini.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, RAPBD 2021 disusun dalam kondisi tekanan dan ketidakpastian yang tinggi akibat pandemi Covid-19.

Hal ini, menurut dia memberikan dampak yang luar biasa terhadap kondisi kesehatan, sosial, dan ekonomi baik di daerah maupun nasional.

“Dengan saling dukung dan kerjasama yang baik seluruh komponen di Babel, dengan semangat gotong royong, langkah-langkah tersebut diharapkan dapat menentukan keberhasilan penanganan Covid-19 dan memberikan dampak positif bagi pemulihan perekonomian di tahun 2021,” pungkasnya. (DEI)

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui Perda Perubahan Anggaran, Fraksi PKS Soroti Hal ini

WARTABANGKA, PANGKALPINANG — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyetujui peraturan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *