Gubernur Minta Pemerintah Pusat Percepat Penetapan KEK Bangka

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Roesman meminta agar pemerintah pusat mempercepat proses persetujuan dan penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata Bangka yang telah lama diusulkan.

Menurut Erzaldi, pengusulan KEK ini sudah sampai di Kementerian Ekonomi, hanya tinggal selangkah lagi ditetapkan oleh Presiden.

“Kami berharap KEK di Bangka bisa direalisasikan, karena ini akan membawa dampak terhadap pertumbuhan ekonomi di Babel, ” kata Erzaldi, Selasa (13/10).

Ia menyebutkan, Pemprov Babel telah mencanangkan transformasi dari Timah ke pariwisata, mengelola potensi yang ada.

Meskipun, diakuinya memang susah mengubah karakter yang telah menjadi kebiasaan, ke sesuatu yang baru. Tetapi jika tidak diubah, maka pertambangan yang akan habis pada masanya nanti, tidak akan menjadikan ekonomi masyarakat menjadi berkelanjutan.

“Kalau nggak dialihkan tidak tau apa yang terjadi dengan Babel, tentunya keunggulan pariwisata sudah melalui proses perhitungan penelitian dan keputusan ini ambil bersama, dengan melihat peluang yang ada,” katanya.

” Babel punya banyak pulau-pulau kecil yang bisa dieksplor, dikembangkan menjadi objek wisata, dengan keindahan alamnya, ini akan menjadi daya tarik tersendiri, “ulasnya.

Mengembang pariwisata, tambahnya, juga akan terintegrasi dengan kebijakan di sektor lainnya, tentunya pariwisata menjadi pilihan untuk mempertahankan dan memajukan provinsi Babel menjadi provinsi yang unggul, harus didukung dengan stakeholder dan pemerintah.

“Dengan adanya KEK, akan ada kemudahan yang didapatkan dalam berinvestasi, akan menumbuhkan ekonomi, memenuhi lapangan pekerjaan yang ada di sektor pariwisata,”sebutnya.

KEK pariwisata Bangka ini telah diusulkan sejak tahun 2017 lalu, menyusul KEK Tanjung Kelayang yang terlebih dahulu ditetapkan. Dua KEK pariwisata di Bangka ini, yakni KEK Tanjung Gunung dan KEK Pantai Timur Sungailiat. (*/two)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Tengah Jalin Kerja Sama dengan PT Pegadaian

WARTABANGKA, KOBA – Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng), Herry Erfian membuka kegiatan sosialisasi pemanfaatan produk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *