Hadiri Deklarasi Damai Pilkada di Bangka Tengah, Ini Pesan Ketua Bawaslu RI

WARTABANGKA, KOBA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan mempersilahkan para peserta pilkada beradu visi dan gagasan untuk menarik simpati masyarakat selama kampanye dengan cara yang bermartabat.

“Silahkan masyarakat diberikan visi misinya itu, dan silahkan waktu 71 hari itu gunakan sebaik-baiknya,” kata Abhan dalam sambutannya saat menghadiri Deklarasi Pilkada Damai di Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Sabtu (26/9).

Abhan menjelaskan, dalam PKPU Nomor 13 tahun 2020 menyebutkan, kegiatan kampanye yang sifatnya rapat umum atau yang sifatnya tatap muka dengan massa yang cukup banyak itu ditiadakan.

Namun, semua bisa dilakukan melalui media daring. Aturan tersebut diterapkan guna meminimalisir atau mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang saat ini semakin meluas di Indonesia.

“Hanya ada satu metode kampanye yang masih memungkinkan tatap muka dengan masyarakat, dengan konstituen adalah pertemuan terbatas dan tatap muka, dan itu pun dibatasi pesertanya maksimal 50 orang,” terangnya.

“Itulah saya kira, mau tidak mau, memang harus berpikir secara kritis dan juga menemukan hal-hal baru bagaimana caranya kampanye dalam waktu 71 hari ini bisa menarik massa dengan tidak banyak bertatap muka dengan masyarakat, sekarang ini hal-hal yang harus dilakukan oleh pasangan calon dan tim kampanye,” tandasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Robianto mengajak para pasangan calon (paslon) bersama-sama untuk berkomitmen dalam menjaga Pilkada yang damai dan berintegritas.

“Dan ini menjadi harapan masyarakat di Bangka Tengah. Untuk itu, kami berharap, deklarasi yang sudah disampaikan dan ditandatangani tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dalam menciptakan Pilkada Bangka Tengah yang demokrasi,” pungkasnya. (*/DEI)

loading...

Check Also

Hadirkan Telekomunikasi di Daerah Pelosok, Gubernur Babel Minta Komitmen Operator Seluler

WARTABANGKA, JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta para operator seluler untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *