Hingga Juni 2021, PLN Telah Kucurkan Rp76,65 Miliar Stimulus Listrik

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Bangka Belitung (Babel) telah menyalurkan sebesar Rp76,65 miliar untuk stimulus listrik yang diterima oleh 77.055 pelanggan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIW Babel, Mustafrizal mengatakan, stimulus listrik ini telah berjalan sejak April 2020. Dimana pada tahun 2020 periode April hingga Desember dengan nilai Rp45,5 miliar.

“Kemudian untuk tahun ini, hingga Juni itu sudah terealisasi sebesar Rp31,15 Miliar,” katanya, kepada sejumlah wartawan, Jumat (30/7/2021).

Untuk tahun ini, sebutnya stimulus listrik diperpanjang hingga Desember 2021. Dengan jumlah penerima 77.055 orang, pelanggan rumah tangga subsidi daya 450 VA sebanyak 35.140 pelanggan dan rumah tangga subsidi daya 900 VA sebanyak 41.915 pelanggan.

“Kami berharap stimulus listrik dari pemerintah ini dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat di tengah Pandemi Covid-19,” tandasnya.

Stimulus listrik ini berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus listrik yang diberikan hingga Desember 2021.

Stimulus listrik tersebut diberikan kepada pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

“PLN juga memberikan pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial,” tukasnya.

Ia menambahkan, diskon akan diberikan secara langsung kepada pelanggan. Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

Sementara itu, prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik untuk pelanggan.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website maupun layanan Whatsapp Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” Imbuh Mustafrizal.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Adapun dalam memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore.(rls/*)

loading...

Check Also

Peringati HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara, Sat Lantas Polres Bangka Barat Gelar Syukuran

WARTABANGKA, MUNTOK – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Barat melaksanakan kegiatan syukuran memperingati Hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *