Kasus Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19, Polres Bangka Tetapkan Satu Orang Tersangka

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT – Polres Bangka resmi menetapkan M. Anwar Ali Zain sebagai tersangka dalam kasus “Dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah menular” sebagaimana dimaksud dalam pasal 14 Ayat (1) UU RI Nomor 4 tahun 1984 di RSUD Depati Bahrin Sungailiat, Bangka

Dalam konferensi pers, Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan didampingi Kasat Reskrim AKP Ayu Kusuma Ningrum dan Kasi Humas Iptu Zulkarnain, Jumat (6/8) menjelaskan, kejadian bermula saat Senin (26/07/2021) dini hari di RSUD Depati Bahrin Sungailiat ada pasien meninggal dunia dan hasil swab TCM nya dinyatakan terkonfimasi Positif Covid 19.

Meski sudah diberi edukasi, namun keluarga pasien tetap akan mengambil jenazah untuk dilakukan pemandian dan pemakaman sendiri. Sehingga datang massa untuk mengambil secara paksa dengan ambulans desa tanpa menjalankan prosedur protokol kesehatan pasien Covid-19.

“Atas kejadian tersebut pihak RSUD Depati Bahrin Sungailiat Bangka dalam Hal ini dr. Aswin  melaporkan kejadian tersebut ke Kepolisian Resor Bangka guna pengusutan dan proses lebih lanjut,” ujar Kapolres Bangka.

Bermodal informasi dan saksi-saksi yang telah dilakukan pemeriksaan tersebut, Kanit Tipidter beserta anggota unit II Tipditer yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Bangka serta Unit Reskrim Polsek Belinyu bergerak menuju lokasi tempat keberadaan MA di Kampung Air Asam Kelurahan Air Asam Belinyu dan berhasil melakukan penangkapan dan kemudian dibawa ke Sat Reskrim Polres Bangka untuk ditindaklanjuti.

“Sebelum dilakukan pemeriksaan oleh Tim Penyidik Polres Bangka, untuk tersangka MA dilakukan tes rapid antigen yang dilakukan di Unit PSC 119 Sungailiat dan didapat hasil rapid antigen yang bersangkutan reaktif dan pada saat akan dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka yang bersangkutan belum bersedia dimintai keterangan dengan alasan sedang positif Covid-19,” ucap kapolres.

Tersangka diancam hukuman pidana selama satu penjara dan denda uang sebesar Rp1 juta rupiah.(Zen)

loading...

Check Also

Babel Provinsi Pertama Luncurkan Kurikulum Anti Narkoba untuk Pelajar SMA

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mengimplementasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *