Kejari Bangka Tengah Ingatkan Kades Hati-Hati Gunakan APBDes 2021

WARTABANGKA, KOBA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Tengah (Bateng) mengimbau Kepala Desa (Kades) di daerah itu untuk berhati hati menggunakan APBDes tahun 2021.

“Ya, APBDes itu bersumber dari uang rakyat, harus digunakan sebaik-baiknya juga untuk kepentingan rakyat,” ungkap Kasi Intel Kejari Bateng, Fauzan, Selasa (23/2).

Menurutnya, di desa saat ini ada pendamping desa, sebaiknya setiap menggunakan APBDes selalu berkomunikasi dengan pendamping desa dan dimusyawarahkan melibatkan masyarakat.

“Perlu dipahami, satu rupiah uang APBDes harus ada pertanggungjawabannya dimata hukum,” ulas Fauzan.

Menurut dia, pihaknya tetap memantau setiap penggunaan APBDes oleh perangkat desa se-Bangka Tengah. Penekanan kata dia ditujukan kepada kades, karena kades merupakan pengguna APBDes.

“Yang nama uang rakyat yang dikelolah oleh pemerintah tetap kami awasi. Lalu kami tindaklanjuti sesuai ketentuan hukum, ketika ada laporan masyarakat sesuai fakta,” tegasnya.

Dia meningatkan kades untuk menghindari pelanggaran hukum dalam penggunaan APBDes. Fauzan juga mengatakan pihaknya, membuka lebar pintu bagi desa yang ingin berkonsultasi terkait payung hukum.

“Dikantor kita juga ada ruang khusus berkonsultasi masalah hukum, kami layani siapapun yang datang. Selain penindakan, kami juga mengedepankan pencegahan terjadinya penyalahgunaan APBDes,” pungkasnya. (RN)

loading...

Check Also

Babel Provinsi Pertama Luncurkan Kurikulum Anti Narkoba untuk Pelajar SMA

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mengimplementasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *