Kemenhub Setujui Pembangunan Pelabuhan di Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Roesman, mengungkapkan pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) menyetujui rencana pembangunan pelabuhan di Provinsi Babel, mengingat pelabuhan di daerah itu saat ini kurang representatif.

“Mau tidak mau pelabuhan harus dikembangkan, sudah lama kita dininabobok pelabuhan yang tersedia hanya kapal berkemampuan 3.000 Gross Ton (GT), ” kata Erzaldi, Rabu (30/9).

Di beberapa negara, sebutnya, kapal yang sandar di pelabuhan sudah ratusan ribu GT, dan dibangun di lepas pantai yang tidak masuk ke dalam kota. Oleh karena itu, Pemprov Babel berkeinginan membangun pelabuhan yang representatif.

“Sekarang kapal sudah ratusan ribu GT, dari 2017 kami canangkan rencana induk pelabuhan, Pangkalbalam harus dipindahkan tak lagi di kota tapi dimuara pantai, dan anehnya kepadatan pelabuhan selalu di dalam pulau, padahal di negeri hebat pelabuhan di pinggir, pantas saja biaya tinggi, belum lagi sedimentasi, manuver kapal terganggu karena kecil,” bebernya.

Pada tahun 2021 mendatang, Kemenhub akan mendukung Pemprov Babel, dan dalam beberapa pertemuan masih tersendat, tapi beberapa waktu lalu, Menhub bilang akan mendukung rencana pembangunan ini.

Dia menegaskan, kondisi pelabuhan Pangkalbalam saat ini memang kurang representatif, dimana masuk ke dalam muara, belum lagi pendangkalan alur yang kerap menjadi penghambat, ditambah pasang surut yang membuat kapal tidak leluasa masuk ke dalam pelabuhan.

Dengan kondisi demikian, akan menambah biaya dalam transportasi keluar masuk kapal. Dan menghambat dalam melakukan ekspor ke berbagai negara. “Semoga pelabuhan yang baru nantinya bisa segera dibangun, dan saya yakin kita akan lebih maju, ” harapnya. (*/two)

loading...

Check Also

Perawat RSUD Depati Bahrin Sungailiat Diberi Pelatihan Soft Skill

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, RSUD Depati Bahrin Sungailiat menggelar pelatihan soft skill …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *