Kepala BNPB Kunjungi PT BAA Kenanga

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi mengunjungi pabrik tepung tapioka PT Bangka Asindo Agri (BAA) di Kelurahan Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Kamis (18/3).

Kunjungan disambut Owner PT BAA Fidriyanto alias Abo dalam rangka model klaster program mandiri berbasis singkong dan sagu.

Doni dalam paparannya mensuport PT BAA lantaran sudah mampu mengembangkan sagu menjadi produk berdaya saing. Indonesia dijelaskan Doni memiliki hutan sagu terluas di dunia. Tersebar hampir di seluruh wilayah. Terluasberada di wilayah timur Indonesia.

“Sagu itu bisa beranak pinak. Dalam usia 8 sampai 10 tahun sudah panen. Satu batang sagu itu bisa mencapai 800 kilogram sampai 1 ton,” beber Doni.

Dia memuji dan mendukung langkah Babel untuk menanam sagu. Pohon sagu dikatakan dia, juga dapat menyelamatkan lingkungan dan ekosistem serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu lahan tambang-tambang timah yang sudah dikelola, kiranya dapat ditanami dengan pohon sagu.

Gubernur Babel Erzaldi mengatakan dalam kunjungannya Kepala BNPB Pusat Doni Monardo, menyampaikan beberapa hal yang sangat membuka wawasan yang tadinya biasa-biasa saja dengan komoditi sagu ini tetapi ternyata ada sesuatu hal luar biasa yang tersirat dalam komoditi sagu.

“Saat ini kami juga sedang mengembangkan pertanian berbasis eks tambang untuk ditanam sagu , karena lahan eks tambang sangat sulit mencari tanaman yang cepat tumbuh, seperti sagu ini ,” kata Erzaldi.

Dia berharap ke depan komoditi sagu ini bisa menjadi pengganti timah dan hal ini masuk akal untuk dilakukan dan diberdayakan.

“Memang pabrik ini masih ada dilema terhadap bau busuknya yang kadang muncul dan kadang hilang saat pabrik ini beroperasi, mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi bagi masyarakat,” ungkap Erzaldi.(Zen)

loading...

Check Also

Babel Provinsi Pertama Luncurkan Kurikulum Anti Narkoba untuk Pelajar SMA

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mengimplementasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *