Ketua DPRD Babel Buat KNPI Belitung Melek Legislasi

WARTABANGKA.COM, TANJUNGPANDAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi memaparkan tugas dan fungsi legislatif dalam pemerintahan. Hal ini disampaikannya dalam sekolah legislasi dan sidang umum pemuda DPD KNPI Belitung dan Beltim, di Tanjungpandan, Belitung, Sabtu (3/7).

“DPRD memiliki tiga tugas pokok dan fungsi dalam pemerintahan, mulai dari legislasi membuat dan merancang peraturan daerah bersama pemerintahan daerah, fungsi keuangan (budgeting) dan pengawasan (kontrol), ” kata Herman.

Ia mengapresiasi kegiatan yang digelar KNPI ini, karena selama ini banyak pemuda yang belum paham terkait tupoksi DPRD. Dengan demikian, ia berharap memberikan wawasan dan gambaran kepada pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

“Ini sangat penting dan bermakna, saya bangga KNPI Belitung dan Beltim adakan sekolah legislatsi ini kita memberikan apa dan bagaimana tupoksi seorang anggota dewan, dari kegiatan tadi kawan-kawan antusias, ” tandasnya

Pada kesempatan tersebut, ia juga memotivasi pemuda untuk terus berusaha, berdoa, dan berkarya tanpa lelah, tetap semangat untuk mencapai cita-cita.

“Saya ini berjuang dari nol, dulu bukan apa-apa, saya pernah berjualan pisang molen selama sepuluh tahun, mendorong gerobak. Pernah juga gagal nyalon (kepala daerah), hingga takdir menuntut saya menjadi ketua DPRD, ” kisahnya memotivasi peserta.

Ia juga mengapresiasi KNPI Belitung dan Beltim merancang aturan tentang kepemudaan, DPRD Babel kata dia, membuka pintu seluas-luasnya untuk berdiskusi dan mendukung apa yang diusulkan KNPI ini.

“Ketika sudah selesai, mari berkolaborasi dengan eksekutif dan legislatif, kami menunggu hasilnya dan membuka seluasnya kesempatan, ” tandasnya.

Ketua DPD KNPI Belitung, M. Hafrian Fajar, menyebutkan sekolah legislasi ini memang bertujuan untuk memperkenalkan tupoksi DPRD kepada pemuda dan sekaligus sidang umum penerapan rancangan aturan kepemudaan yang disusun KNPI.

“Sepanjang sejarah belum ada perda kepemudaan, bahkan di beberapa kabupaten juga belum, kami inisiasi perda kepemudaan ini, dan sekaligus memberikan pemahaman kepada pemuda mengenai fungsi dan tugas legislatif, ” ujarnya.

Dalam rancangan ini, kata dia salah satu poinnya mendorong status dan kedudukan organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan yang harus didukung pemerintah, baik dari segi pendanaan infrastruktur, dan lainnya.

“Kami harap ini juga menjadi landasan hukum dan pemuda adalah aset yang paling berharga makanya harus didorong secara penuh. Kami mengapresiasi Ketua DPRD yang bersedia datang, memberikan kami pemahaman dan mendukung usulan kami, ” pungkasnya.

Kegiatan ini, juga diisi oleh paparan dari Anggota DPD RI, Darmansyah Husein, dan dibuka oleh Sekda Belitung, MZ Hendra Caya. (two/*)

loading...

Check Also

Pertamina Patra Niaga Menggelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 0 di Area Dermaga FT Pangkal Balam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pangkal Balam Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *