KPU Bateng Segera Tetapkan Algafry-Erfian Jadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

WARTABANGKA, KOBA – Bangka Tengah (Bateng) tidak masuk dalam daftar perkara perselisihan hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2021 berdasarkan Surat Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan serentak tahun 2020 dengan nomor : 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 tanggal 20 Januari 2021.

Dengan demikian pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih yakni Algafry rahman dan Herry erfian bakal dilantik paling lambat 17 Februari 2021.

Ketua KPU Bateng, Rusdi membenarkan Surat KPU RI tersebut sudah disampaikan kepada KPU Bateng pada Rabu (20/1). Isinya menindaklanjuti Surat Panitera Mahkamah Konstitusi (MK) RI nomor : 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 januari 2021 prihal keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot tahun 2021 yang diregiatrasi di MK beserta lampirannya.

“Dalam surat tersebut disebutkan KPU telah menerima salinan Permohonan untuk masing-masing KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang telah dicatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (e-BRPK) melalui email tanggal 19 januari 2021,” ungkap Rusdi, Jum’at (22/1).

Lantaran Bateng tidak masuk dalam daftar Perkara Perselisihan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2021. Maka, pihaknya akan menyelenggarakan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bateng terpilih nomor urut 1, yakni Algafry rahman – Herry Erfian lima hari setelah pemberitahuan MK ke KPU RI ini.

“Segera kita tindaklanjuti dengan Pleno penetapan, sesuai jadwal hari Sabtu tanggal 23 januari 2021,” kata Rusdi.

Hasil penetapan KPU Bateng, menurut Rusdi segera disampaikan ke DPRD Kabupaten Bateng, lalu Mentri Dalam Negri (Mendagri) akan mengesahkan pengangkatan Bupati dan wakil Bupati Bateng terpilih berdasarkan usulan Gubernur Provinsi Kepulauan Babel.

“Paling lambat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bateng terpilih tanggal 17 Februari 2021, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bateng sebelumnya berakhir,” ungkap Rusdi.

Pada kesempatan ini, Rusdi mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terkait telah berpartisipasi menjaga kondusifitas selama tahapan Pilkada Bateng 2020.

“Alhamdulillah sejauh ini, pelaksanaan Pilkada di Bateng berjalan kondusif. Mudah-mudahan keamanan dan kelancaran ini kita rasakan hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bateng terpilih,” harapnya. (RN)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Tengah Jalin Kerja Sama dengan PT Pegadaian

WARTABANGKA, KOBA – Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng), Herry Erfian membuka kegiatan sosialisasi pemanfaatan produk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *