Marsidi Satar Ajak Warga Toboali Peduli dengan Kesehatan Keluarga

WARTABANGKA, TOBOALI – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dapil Bangka Selatan, H. Marsidi Satar melaksanakan penyebarluasan peraturan daerah (perda) di Hotel 3 Toboali Bangka Selatan, Jumat (10/9).

Pada kegiatan ini, Marsidi menyampaikan sekaligus 2 perda, yakni Perda No. 2 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Perda No.12 Tahun 2019 tentang Pembangunan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga dengan menggandeng Narasumber Kasubbag Kajian Perundang-undangan Sekretariat DPRD Babel Eri Yulikhsan.

Marsidi menyampaikan bahwa perda ini dibuat salah satu bertujuan menjaga kesehatan masyarakat. Dengan adanya perda ini masyarakat diingatkan kembali agar tidak melakukan sesuatu yang membahayakan bagi orang lain di tempat-tempat publik.

“Apabila suatu fasilitas umum sudah memberikan tanda dilarang merokok, itu kita harus turuti, karena melanggar dapat dikenakan sanksi,” imbuh politisi Partai Golkar Babel ini.

Pada kesempatan yang sama Eri Yulikhsan menyampaikan Perda No. 2 Tahun 2015 tentang KTR dibuat untuk mengatur tempat atau kawasan yang mana memang diperuntukkan sebagai tempat merokok dan sebaliknya.

“Pada dasarnya perda ini di bentuk bukan melarang orang merokok tetapi Pemerintah mengatur kawasan mana yang boleh merokok dan tidak,” ujar Eri di hadapan peserta.

Dijelaskan Eri Yulikhsan bahwa daerah yg tidak boleh merokok antara lain kawasan fasilitas umum seperti rumah ibadah, rumah sakit, perkantoran dan siapa saja yang melanggar dapat digunakan sanksi denda maupun kurungan.

Sementara, pada sesi dua dilaksanakan sosialisasi Perda Pembangunan Ketahanan Pangan. Di sesi ini, Marsidi menjelaskan bahwa di UUD masyarakat wajib sejahtera, tetapi kenyataan masyarakat banyak yang belum sejahtera, maka masyarakat harus berjuang untuk sejahtera, maka Pemerintah harus berperan untuk mensejahterakan keluarga.

Dengan alasan tersebut maka Pemprov Babel bersama DPRD membuat Perda No. 12 Tahun 2019 tentang Pembangunan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Perda ini bertujuan untuk memberikan solusi agar keluarga menjadi sejahtera.

Senada dengan Marsidi, Eri Yulikhsan menyampaikan Perda No. 12 Tahun 2019 tentang Pembangunan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga ini di buat karena selama ini banyak permasalahan keluarga, Ketidakharmonisan keluarga maka Pemprov bersama DPRD Babel berusaha untuk mencegah dan meminimalisir hal tersebut. “Ketidakharmonisan dalam keluarga menjadi salah satu unsur yang melahirkan perda ini,” ungkap Eri.

Diakhir kegiatan kedua narasumber ini berharap agar dengan mengetahui perda-perda ini masyarakat Bangka Belitung khususnya warga Toboali lebih disiplin dan peduli dengan kehidupan keluarga dan masyarakat di sekitarnya. (*/Publikasi Setwan DPRD Babel)

loading...

Check Also

PT Timah Bersama Masyarakat Tanam 2000 Pohon Bakau di Kawasan Teluk Rubiah

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Divisi CSR PT Timah Tbk, Unit Metalurgi Muntok serta masyarakat Kampung Teluk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *