Marudur Saragih Dilantik Jadi Ketua DPRD Bangka Barat

WARTABANGKA, MUNTOK – Marudur Saragih, S.E resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Barat dalam rapat paripurna di Gedung Mahligai Betason II, Kamis (11/2). Pada acara ini pengambilan sumpah dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Mentok, Erica Mardaleni, SH., MH.

Pelantikan dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Markus, Wakil Ketua I, H. Oktorazsari, wakil ketua II, Miyuni Rohantap, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toni batubara, Kapolres, AKBP Fedriansah, Dandim 0431/BB, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa, anggota DPRD, forkopimda Babar, Bupati Bangka Barat terpilih, H. Sukirman dan segenap tamu undangan lainnya.

Wakil Ketua I DPRD Bangka Barat, H. Oktoraszsari saat membuka rapat paripurna mengatakan paripurna ini dilaksanakan guna menindaklanjuti Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor.188.44/39.D/I/2021 tentang Peresmian Pengangkatan Ketua DPRD Bangka Barat sisa masa jabatan 2019 – 2024.

“Dalam keputusan Gubernur tersebut meresmikan pengangkatan Ketua DPRD Bangka Barat atas nama Marudur Saragih, S.E., terhitung sejak pengambilan sumpah dan janji dalam sidang paripurna DPRD Bangka Barat,” kata Oktorazsari.

Di kesempatan yang sama, Bupati Bangka Barat, Markus, SH menuturkan kepada ketua DPRD yang baru, Marudur Saragih diharapkan dapat mengemban amanah secara jujur, adil serta penuh integritas dan bertanggung jawab.

Sebab, katanya, institusi DPRD merupakan salah satu wadah dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan rakyat serta untuk menegakkan supremasi hukum demi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bersifat melayani.

” Ke depan DPRD diharapkan semakin membawa aspirasi masyarakat lebih baik lagi sehingga hasil pembangunan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat luas dan menjadikan Bangka Barat semakin hebat, Sejahtera serta mampu merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya dan kearifan lokal,” jelas Markus.

Selain itu, sinergitas bersama seluruh jajaran birokrasi, eksekutif dan para pemangku kepentingan diharapkan dapat terus ditingkatkan demi menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan dan juga harus dapat merangkul dan menggugah partisipasi seluruh masyarakat sehingga aspirasi masyarakat dapat diakomodir dan diwujudkan melalui Pembangunan Daerah.

” Saya meyakini dengan berbekal semangat, kerja keras, cerdas serta didukung dengan kemampuan dan dan pengalaman, institusi DPRD dapat memenuhi harapan masyarakat dalam membangun daerah kearah yang lebih baik lagi,” sebut Markus.

Dengan begitu, melalui rapat paripurna, Bupati Markus juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bangka Barat menjaga semangat untuk selalu persatuan dan kesatuan serta berpartisipasi aktif dalam rangka penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Bangka Barat.

Sementara itu, Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toni Batubara yang mewakili Gubernur Babel mengucapkan selamat kepada saudara Marudur Saragih yang telah dilantik sebagai ketua DPRD Bangka Barat berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014.


Menurutnya, lembaga DPRD adalah mitra kerja yang sejajar dengan pemerintah kabupaten bangka barat dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Oleh karena itu dibutuhkan kondisi yang selaras dan serasi dalam hubungan kerja antara legislatif dan eksekutif sebagai pemegang dan pelaksanaan amanat masyarakat.

“Kedudukan dan fungsi DPRD sangatlah penting dan strategis. Besar harapan kita semua semoga ketua DPRD yang baru dapat bekerja dengan sebaik-baiknya agar mampu membawa kabupaten bangka barat menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan fungsi dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. ( IBB/ADV )

loading...

Check Also

Peringati HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara, Sat Lantas Polres Bangka Barat Gelar Syukuran

WARTABANGKA, MUNTOK – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Barat melaksanakan kegiatan syukuran memperingati Hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *