Pemdes Pemali Beri Pemahaman Warga Soal Stunting

WARTABANGKA.COM, PEMALI – Pemerintah Desa Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka menyelenggarakan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan, Kamis (12/11). Adapun tema yang diambil adalah berkenaan dengan stunting yaitu “Berantas Stunting, Stop Pernikahan Dini dan Kehamilan di Usia Tua”. Kegiatan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Tema ini diambil karena masalah stunting merupakan salah satu program nasional, maka sebagai salah satu upaya mencegah dan menekan tingkat stunting serta meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dengan tumbuh kembang anak di Desa Pemali, dilaksanakanlah sosialisasi dan penyuluhan.

Sekretaris Desa Pemali Rusmanto Nata menjelaskan, sosialisasi dan penyuluhan ini dilaksanakan dengan harapan dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.

“Kemudian peserta dapat menyampaikan kepada masyarakat luas agar para orang tua terutama ibu hamil dan yang memiliki Balita untuk lebih dapat memberikan asupan gizi yang cukup dalam memenuhi kebutuhan gizi anak, menerapkan pola hidup bersih dan sehat demi mewujudkan SDM yang berkualitas,” jelasnya.

Salah satu pemateri, dr. Andri Kurniawan menjelaskan bahwa stunting itu terjadi disebabkan kurangnya asupan gizi dalam 1000 hari pertama kehidupan atau mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak ketika anak berusia 2 tahun.

“Stunting bisa di sebabkan oleh pernikahan usia dini dan kehamilan usia tua. Karena sama-sama memiliki resiko kehamilan yang rentan dengan stunting,” bebernya.

Selain Dr Andri, hadir juga pemateri lain Dosen Sosiologi UBB Fitri Rahmadani Harahap, S.Sos.,M.Si.

Hadir dalam kegiatan aparatur desa, BPD, Kader Posyandu, Bidan Desa, PKK, Forum Anak, Perpustakaan Berlian, dan perwakilan dari masyarakat.(*/zen)

loading...

Check Also

Proses Instalasi Komponen Mesin Capai 81 Persen, PLN 24 Jam Non Stop Pulihkan Sistem Kelistrikan Pulau Bangka

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Proses instalasi komponen mesin PLTMG dari Riau kini mencapai 81 persen. Sejak kedatangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *