Pemindahan Tiang Listrik di Pemali, Komisi III Mediasi DPUPR dan PLN

WARTABANGKA, PEMALI – Komisi III DPRD Bangka Belitung (Babel) meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) dapat berkoordinasi dengan baik dengan pihak PT PLN.

Hal ini berkaitan pengerjaan infrastruktur yang pelebaran jalan dan drainase hingga pedestrian yang terkendala dengan keberadaan tiang listrik PT PLN. Rabu (18/8), Komisi III pun memanggil kedua belah pihak tersebut.

Rapat dipimpin Ketua Komisi III Efredi Effendi yang dihadiri oleh seluruh anggota komisi juga disertai dengan peninjauan langsung ke salah satu pengerjaan pembangunan yang dilaksanakan Dinas PUPR Babel.

Tampak hadir dalam rapat tersebut General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Babel Amris Adnan dan Kepala Dinas PUPR Babel, Jantani.

Disebutkan Efredi Effendi, berdasarkan laporan yang diterima Komisi III, setidaknya ada 31 titik pengerjaan pembangunan yang dilaksanakan terkendala dengan keberadaan jaringan listrik tersebut.

“Yang urgen di desa Pemali kabupaten Bangka, ada enam titik jaringan PLN di pengerjaan pedestrian. Alhamdulillah, dari rapat tadi pihak PLN menyanggupi untuk memindahkan jaringan tersebut,” jelasnya.

Pihaknya memahami kondisi dua instansi ini. Namun ditegaskan Fredi, koordinasi yang baik tetap harus dijalankan.

“Jaringan PLN ini terpasang jauh sebelum kegiatan dilaksanakan. Ini kami menilai kurangnya koordinasi, seharusnya Dinas PUPR dapat berkoordinasi dengan pihak PLN saat membuat perencanaan. Sebaliknya juga PLN, sebelum melakukan pemasangan koordinasi juga dengan Dinas PUPR, sehingga nanti tidak bongkar pasang lagi,” ujarnya.

Komisi III pun mengapresiasi kesediaan PT PLN Babel yang bersedia menyanggupi pemindahan tiang listrik ini, walaupun tak sedikit anggaran yang akan dialokasikan untuk memindahkan satu jaringan listrik ini.

“Karena PU kita tidak ada anggaran untuk ini, PLN juga demikian. Tapi tetap diupayakan oleh pihak PLN, dengan pembiayaan anggarannya akan menjadi tanggung jawab PLN,” kata Wakil Ketua Komisi III Agung Setiawan.

Dikatakan Agung, dalam persoalan ini, pihaknya wajib menjembatani segala persoalan, terkhususnya di bidang infrastruktur yang menjadi tupoksi Komisi III. “Karena ini demi pembangunan kita, agar lebih indah seperti harapan kita semua,” kata Agung.

Terpisah, Kabid Bina Marga PUPR Syafran Noveri membenarkan hal tersebut. Beberapa pengerjaan pembangunan yang sedang berjalan saat ini terkendala tiang listrik tersebut diantaranya di Pemali, Simpang Perahu, Ibul Parittiga, Simpangkatis dan Bedengung.

“Yang paling banyak itu di Simpang Perahu, untuk itu kami harap PLN dapat bersedia membantu memindahkan jaringan listrik tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Babel, Amris Adnan kepada wartawan menyampaikan, relokasi tiang itu terkendala anggaran yang belum direncanakan ditahun 2021.

“Kalau itu dikoordinasikan tahun ini, dilaksanakan tahun ini juga, kesulitan kita disitu. Kalau dikoordinasikan setahun sebelumnya, itu masih dalam anggaran kita. Kalaupun dikerjakan ditahun ini, kita harus mengorbankan lokasi lain yang sudah direncanakan. Kami berharap, ada koordinasinya,” ujarnya.

Ia pun berharap, kedepannya koordinasi terus ditingkatkan.

“Kedepan kita tingkatkan lagi, baik itu dari PUPR dan dari kami (PLN). Kita sudah komit tadi,” tandasnya. (*/ryu)

loading...

Check Also

Wakil Rakyat Babel Jaring Aspirasi, Siap Mewujudkan Pemerataan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Guna Mewujudkan Keadilan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, gerak cepat Dewan Perwakilan Rakyat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *