Pemkab Babar dan Ombudsman Gelar Diseminasi Pengawasan Tata Tertib Pelayanan Administrasi

WARTABANGKA, MUNTOK – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) bersama Ombudsman RI menggelar diseminasi bertema Pengawasan Tata Tertib Pelayanan Administrasi ini dilaksanakan di Gedung Graha Aparatur Pemkab Babar, Selasa (22/9). Kegiatan ini turut melibatkan pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan.

Bupati Babar, Markus yang diwakili oleh Pj. Sekda, Hartono menjelaskan pelayanan administrasi guna mewujudkan bentuk pelayanan yang cepat, tepat dan sesuai dengan tuntutan, harapan serta keinginan.

Ia berharap agar para pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten dan kepala desa dapat memahami tentang pengawasan tata tertib dalam pelayanan administrasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

“Dan sebagai peraturan pelaksanaannya telah terbit Peraturan Pemerintah Nomor 96 tahun 2012 tentang pelaksanaan undang-undang pelayanan publik,” jelas Hartono.

Selain itu, dikatakan Hartono, keberadaan Ombudsman diatur melalui Undang-Undang Nomor 37 tahun 2008.

Ombudsman, katanya, merupakan lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah termasuk yang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Keberadaannya memiliki peran yang strategis dalam melakukan pengawasan terhadap tata tertib administrasi pelayanan terhadap penyelenggaraan pemerintah desa,” ujar Hartono.

Sementara itu, Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, M. Adrian Agustiansyah berharap kegiatan kerja sama diseminasi ini dapat terus dilaksanakan.

Hal itu dikarenakan, apabila berbicara tentang pelayanan publik dari orang belum lahir pun bahkan sampai orang sudah mati tidak akan luput dari layanan publik.

“Kami berharap kegiatan yang kita selenggarakan ini ini harus sering kita laksanakan. Kenapa? karena ini juga untuk dapat memperdalam pemahaman bapak-bapak selaku pelayanan publik agar dapat mengerti agar dapat juga mengetahui bagaimana tupoksi bapak-bapak selaku pelayanan publik yang baik,” tukasnya. (*/IBB)

loading...

Check Also

Pertamina Patra Niaga Menggelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 0 di Area Dermaga FT Pangkal Balam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pangkal Balam Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *