Pemkab Bangka Salurkan BLT Dana Desa Tahap Sembilan

WARTABANGKA, MERAWANG – Pemerintah Kabupaten Bangka mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap sembilan, Rabu (15/9). Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis bagi sejumlah masyarakat penerima manfaat di Desa Dwi Makmur dan Pagarawan Kecamatan Merawang.

Tercatat sebanyak 1472 keluarga dari 62 desa yang ada di Kabupaten Bangka menerima manfaat bantuan tersebut. Setiap keluarga akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp300.000 setiap bulannya.

Bupati Bangka, Mulkan berpesan kepada masyarakat penerima manfaat untuk menggunakan dana tersebut untuk meringankan kebutuhan sehari hari. Terlebih lagi di masa pandemi ini sangat memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat.

“Sebetulnya nominal tersebut tidak akan cukup untuk menghidupi keluarga, tetapi setidaknya meringankan sedikitlah akan kebutuhannya. Silahkan manfaatkan bantuan ini sebaiknya agar memberikan mafaat,” ujar Mulkan.

Dirinya juga mengharapkan agar masyarakat tidak terlalu bergantungan dengan bantuan yang disalurkan pemerintah. Mengingat bantuan hanya akan bersifat sementara dan bertujuan sebagai stimulasi terhadap masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Thony Marza menyampaikan data penerima manfaat bantuan tersebut mengalami fluktuatif. Data tersebut merupakan hasil musyawarah desa masing masing sehingga berkemungkinan terjadi penambahan atau pengurangan.

“Data ini kita dapatkan dari musrembangdes masing masing desa. Rata rata setiap desa menganggarkan 25 hingga 30 persen dari APBDes nya dan tergantung juga dengan jumlah masyarakat dan jumlah dananya,” tutup Thony.(adv/Zen)

loading...

Check Also

Proses Instalasi Komponen Mesin Capai 81 Persen, PLN 24 Jam Non Stop Pulihkan Sistem Kelistrikan Pulau Bangka

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Proses instalasi komponen mesin PLTMG dari Riau kini mencapai 81 persen. Sejak kedatangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *