Pemkab Bangka Siapkan 2 Mobil Ambulans di Puskesmas Pariwisata

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka menyiapkan dua unit mobil ambulans pariwisata guna mendukung pelayanan puskesmas di Kelurahan Sungailiat dan Kelurahan Sinar Baru.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti menjelaskan mobil ambulans pariwisata bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat senilai lebih kurang Rp700 juta.

“Untuk sementara kita pergunakanmobil ambulans pariwisata ini untuk penyuluhan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 secara keliling ke sejumlah tempat di kecamatan,” kata dr.Then, Senin (7/9).

Pihaknya berharap, dengan mobil ambulans pariwisata dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dalam upaya peningkatan layanan kesehatan masyarakat atau wisatawan.

“Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat merupakan kebutuhan dasar yang terus dioptimalkan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah,” ujarnya.

Terkait dengan puskesmas pariwisata, dr .Then menjabarkan konsep atau desain puskesmas pariwisata, sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. Tapi nanti akan dilengkapi dengan pelayanan seperti spa, akupuntur dan pelayanan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta pelayanan tambahan lainnya.

Menurutnya, puskesmas pariwisata tidak hanya melayani pasien khusus wisatawan, namun juga memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum.

“Kami berharap sektor kepariwisataan di Kabupaten Bangka dapat berkembang dengan baik karena nantinya didukung dengan sarana kesehatan yang memadai,” katanya.(*/zen)

loading...

Check Also

Peringati Hari Disabilitas Nasional, Isyarat Coffee Gelar Talkshow

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Nasional, kumpulan masyarakat Peduli Disabilitas yang terhimpun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *