Pemkot Pangkalpinang Ajukan Tiga Raperda ke DPRD

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kembali diajukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang. Pengajuan ini disampaikan Walikota Molen pada Rapat Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang, Senin (4/10).

Tiga Raperda itu adalah Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pangkalpinang Tahun 2022-2041, Raperda tentang Retribusi Jasa Umum, dan Raperda Retribusi Jasa Usaha.

Molen mengatakan dua raperda yang diajukan Pemkot Pangkalpinang bertujuan untuk meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama dari sektor lainnya yang selama ini belum diatur.

“Ada penambahan beberapa jenis retribusi, seperti retribusi pelayanan pemakaman dan pengabuan mayat pada retribusi jasa umum dan retribusi penjualan produk usaha daerah pada retribusi jasa usaha,” kata Molen

Menurut Molen, retribusi merupakan sumber pendapatan daerah yang penting guna mendanai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah untuk memantapkan otonomi daerah yang luas, nyata, dan bertanggung jawab.

Dia berharap tiga Raperda yang diajukan ini dapat segera dibahas oleh anggota dewan bersama-sama dengan pihak eksekutif. “Semoga raperda ini dapat disetujui menjadi peraturan daerah,” harap Molen.(*)

loading...

Check Also

Manfaatkan Lahan Bekas Tambang PT Timah, Pengurus Masjid Darussalam Desa Pangek Miliki Kebun Sawit

WARTABANGKA, SIMPANGTERITIP– PT Timah Tbk terus berkomitmen dalam menangani lahan bekas tambang di wilayah operasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *