Pemprov Babel Bersama BPDAS Batu Rusa Tanam Mangrove Seluas 500 Hektare

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Batu Rusa melakukan penanaman Mangrove seluas 500 hektare di Hutan Kemasyarakatan (HKm) Gempita, Desa Kurau Timur, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (13/10).

“Jadi ini adalah salah satu kegiatan padat karya yang dilakukan oleh Kementerian Kehutanan bersama Provinsi Babel dalam rangka kita menstimuluskan ekonomi kita ini agar segera tumbuh dan kuat lagi,” kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman kepada wartawan usai menghadiri kegiatan penanaman Mangrove.

Erzaldi menambahkan, program ini sangat membantu khususnya dapat memberdayakan masyarakat Babel sekaligus menjaga dan memelihara kawasan bakau yang sudah ada, bahkan dapat memperluas lokasi tanamnya.

Jika program penanaman Mangrove ini dapat terus berkembang, diungkapkan dia, tahun depan Pemprov Babel akan memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat tersebut untuk memelihara kepiting bakau.

“Sehingga mereka (kelompok masyarakat-red) selain mendapat tugas memelihara hutan, juga dapat menghasilkan budidaya kepiting bakau, karena pemerintah pusat tidak seterusnya memberikan bantuan untuk menjaga hutan ini,” ujarnya.

“Kepiting bakau ini boleh mereka ambil dengan ketentuan-ketentuan yang sudah diatur oleh kelompok, misalnya, panennya dalam seminggu tidak boleh lebih dari 200 kg, dan yang dipatenkan itu kepiting jantan, nggak boleh betina. Jadi disamping menjaga hutan bakau, mereka juga mendapatkan penghasilan,” terangnya.

Selain itu, dikatakan dia, program ini juga merupakan salah satu cara untuk melestarikan hutan bakau dari kerusakan akibat aktivitas pertambangan.

“Dengan menanam bakau ini, saya rasa orang yang mau menambang pun akan berhadapan langsung dengan kelompok masyarakat ini, karena mereka berjuang memelihara dan menjaga hutan bakau ini,” pungkasnya. (*/DEI)

loading...

Check Also

Hadirkan Telekomunikasi di Daerah Pelosok, Gubernur Babel Minta Komitmen Operator Seluler

WARTABANGKA, JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta para operator seluler untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *