Pemprov Babel Kembali Kucurkan Daba untuk Kabupaten/Kota, Ini Kata Amri Cahyadi

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pada tahun 2022 mendatang, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali akan mebgucurkan dana bantuan (daba) untuk kabupaten/kota.

Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi menyebutkan, sebelumnya daba ini sempat tidak diberikan lantaran anggaran digunakan untuk penanganan COVID-19 di tahun 2021. Tetapi kemudian, atas usulan DPRD mengingat banyaknya kebutuhan di daerah yang tak mampu diakomodir, akhirnya daba ini kembali diberikan.

“Tahun 2022 ada daba fisik, kita sepakati untuk dianggarkan salah satunya digunakan untuk melanjutkan pembangunan fasilitas Porprov di Bangka Barat (Babar) berupa stadion sepakbola Rp20 M,” kata Amri, Rabu (6/10).

Selain itu, daba juga akan dikucurkan untuk Kabupaten Bangka dalam menstimulus pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Bakamla, Mangka, Mabet, Bukit Layang, yang dikeluhkan oleh masyarakat kurang diperhatiin dan kondisinya memprihatinkan.

“Kami melihat dari kabupaten nggak dilaksanakan kami setujui Rp10 M untuk daba ya ini sedikit membantu walaupun tidak cukup karna lebih kurang butuh Rp50 M, tetapi ini sebagai stimulus agar kabupaten juga menganggarkan, ” terangnya.

Selain itu, daba juga akan diberikan untuk Kabupaten Bangka Tengah, membuka ruas Jalan Teru-Terak menuju Kace, pun demikian ke Kabupaten Belitung untuk pembangunan lampu jalan.

Selain Daba, Amri menegaskan untuk tidak ada refocusing untuk pekerjaan monitoring dan evaluasi di OPD, agar pengawasan tetap berjalan maksimal.

“Di KUA PPAS sudah buat frase bahwa anggaran untuk monev tidak boleh direfocusing. Contohnya di PU tahun kemarin, anggaran untuk menunjang melakukan pengawasan di kurangi akhirnya kami meragukanmu kualitas pekerjaan,” bebernya.

Sementara, untuk sektor pertanian perkebunan, Amri juga meminta adanya bantuan bibit sawit untuk masyarakat menengah kebawah yang kesulitan mendapatkan bibit sawit.

“Harga sawit tinggi ini berimbas harga bibit melambung, warga semangat menanam, tetapi untuk ekonomi menengah kesulitan bibit, makanya kami berharap ada bantuan bibit Rp2,5 M plus dari DID juga,” tutupnya. (two/*)

loading...

Check Also

Hadirkan Telekomunikasi di Daerah Pelosok, Gubernur Babel Minta Komitmen Operator Seluler

WARTABANGKA, JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta para operator seluler untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *