Pemprov Babel Terima Anugerah Parahita Ekapraya

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk ketiga kalinya mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020. Anugerah yang diserahkan secara virtual ini, juga diterima 29 provinsi di Indonesia.

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah menyebutkan, APE ini merupakan apresiasi dari pemerintah pusat terhadap kinerja dan upaya pemerintah daerah dalam pengarusutamaan gender (PUG).

“Kita memberikan kesempatan ya v sama antara laki-laki dan perempuan, baik dalam Demokrasi politik maupun di pemerintahan,” kata wagub, Rabu (13/10).

Di lingkungan Pemprov Babel, tambahnya, sudah ada beberapa jabatan organisasi perangkat daerah (OPD) yang dikomandoi oleh perempuan.

“Keberadaan pemimpin perempuan dalam OPD ini harus terus kita dorong, agar adanya keseimbangan antara laki-laki dan perempuan,” imbuhnya.

Wagub berharap, pada tahun 2022 mendatang, Babel bisa naik tingkat dari peraih APE katagori madya menjadi utama atau mentor.

“Anugerah ini semangat bagi kita untuk memacu kinerja dan mendorong pengarusutamaan gender agar nanti bisa mendapatkan penghargaan katagori utama atau mentor,” harapnya.

Ia juga mengapresiasi, kinerja yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Babel.

Sementara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan, kesetaraan gender ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Anugerah ini, sebutnya diberikan setiap dua tahun sekali untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi pembangunan gender di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Tahun ini, APE dianugerahkan kepada 13 kementerian/ lembaga, 29 provinsi dan 256 kabupaten kota. “Harapan kami ada peningkatan kualitas pelaksanaan pengarusutamaan gender di Indonesia,” ujarnya.

Ia memberikan apresiasi kepada kementerian lembaga dan pemerintah daerah yang telah peduli dan berkomitmen dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender di daerahnya. (two)

loading...

Check Also

Manfaatkan Lahan Bekas Tambang PT Timah, Pengurus Masjid Darussalam Desa Pangek Miliki Kebun Sawit

WARTABANGKA, SIMPANGTERITIPā€“ PT Timah Tbk terus berkomitmen dalam menangani lahan bekas tambang di wilayah operasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *