Polisi Tetapkan 1 Tersangka Kasus Tambang Timah Ilegal Sungai Keretak

WARTABANGKA, SUNGAISELAN -Polres Bangka Tengah menetapkan Mail (44) warga Desa Keretak Kecamatan Sungaiselan sebagai tersangka kasus penambangan timah ilegal. Dia diketahui melakukan penambangan di aliran Sungai Rasau Desa Keretak pada Minggu (28/2).

“Tersangka ini melakukan usaha pertambangan tanpa dilengkapi izin usaha pertambangan dan perizinan lainnya. Kita amankan pada Senin (1/3) dan kemudian kita amankan di Mapolres Bangka Tengah,” kata
Kasat Reskrim Polres Bangka Tengah, AKP Rais Mu’in , Selasa (2/3).

Selain tersangka, pihaknya juga mengamankan barang bukti lainnya, seperti mesin diesel, pompa air, girbok, selang, pipa paralon, tali tambang, drum, sakan, karpet dan peralatan tambang timah lainnya yang digunakan saat menambang timah.

Menurut AKP Rais, tersangka melanggar Undang-Undang Nomor 3 tahun 2020 Tentang Minerba dan terancam pidana penjara di atas 5 tahun.

Dia menambahkan, penangkapan terhadap tersangka bermula adanya laporan warga setempat yang resah atas aktivitas penambangan tersebut. Menurut warga, telah terjadi penyempitan alur sungai akibat penambangan.

“Setelah kita kroscek, ternyata benar terjadi penyempitan alur sungai dan tersangkapun akhirnya kita tangkap untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” pungkas AKP Rais. (RN)

loading...

Check Also

Pansus 16 DPRD Kota Pangkalpinang Kunjungi Diskominfosta Bangka Tengah

WARTABANGKA, KOBA– Plt Kepala Dinas Kominfosta Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Erwin David menyambut kunjungan kerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *