Polres Bangka Barat Tahan Dua Tersangka Kasus Surat Rapid Antigen Palsu

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Dua orang tersangka kasus surat rapid antigen palsu dengan mencatut nama salah seorang dokter di RSUD Sejiran Setason, Kabupaten Bangka Barat telah ditahan oleh Polres Bangka Barat. Keduanya yakni HP (33) merupakan warga Banyuasin dan RJ (36) warga OKU, Provinsi Sumatera Selatan.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto didampingi Kasat Reskrim, AKP Robby Setiadi Purba saat menggelar konferensi pers di Gedung Catur Prasetya Polres Bangka Barat, Senin (12/7 ).

Kapolres mengatakan untuk kasus ini, HP berperan membuat dan menggunakan surat, sedangka RJ (36) memiliki peran menandatangani dan memberi stempel RSUD. Selain itu, pada saat dilakukan pemeriksaan dan sebelum dilakukan penahanan, keduanya benar-benar positif Covid-19.

“Kemarin kita sudah tes orangnya ternyata positif orangnya dua – duanya,” kata Kapolres kepada awak media.

Kapolres melanjutkan modus keduanya membuat surat hasil rapid test antigen palsu adalah untuk digunakan sebagai syarat penyebrangan kapal Ferry dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api Sumsel.

” Berdasarkan interogasi dan tim verifikasi yang memeriksa dokumen hasil rapat antigen tersebut, petugas merasa surat tersebut palsu diketahui dari kertasnya yang kasar dan gambar atau kop suratnya tidak berwarna sebagaimana yang asli dengan lambang dan kop yang berwarna. Untuk memastikan nya saudara HP diinterogasi ternyata saudara HP mengaku bahwa itu surat palsu,” jelas Kapolres.

Dalam kasus ini, pihaknya juga telah mengamankan barang bukti yakni satu lembar surat hasil rapid test antigen yang diduga palsu, satu buah cap berlogo RSUD Sejiran Setason Babar, satu buah laptop, satu buah printer dan satu buah pulpen.

” Terhadap tersangka disangkakan / melanggar pasal 263 Ayat 1 KUHP. Ancamannya adalah maksimal 6 tahun penjara,” tutup Kapolres. ( IBB )

loading...

Check Also

Pandemi Covid-19, Sekda Pangkalpinang: Hak Anak Harus Terpenuhi

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang sangat serius memperhatikan perkembangan anak-anak di kota itu. Sekretaris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *