PT Timah Bersama Ikatan Dokter Kabupaten Bangka Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

WARTABANGKA, BANGKA – PT Timah Tbk bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bangka menggelar operasi bibir sumbing gratis bagi masyarakat di Pulau Bangka di Rumah Sakit Medika Stania, Sabtu (30/10).

Operasi bibir sumbing ini menjadi rangkaian dari Peringatan HUT IDI ke 71 yang digelar IDI Kabupaten Bangka. Beberapa kegiatan sosial yang dilaksanakan diantaranya seperti sunatan massal dan juga operasi bibir sumbing.

Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bangka, dr Zainal Arfan mengatakan operasi bibir sumbing kali ini diikuti sembilan warga di Pulau Bangka diantaranya dari Bangka Selatan dan Bangka Barat.

“Kegiatan operasi bibir sumbing ini rangkaian dari kegiatan bakti sosial yang digelar IDI Kabupaten Bangka dalam rangka memperingati HUT ke 71 IDI. Bersama CSR PT Timah Tbk IDI melaksanakan operasi bibir sumbing gratis bagi masyarakat,” katanya, Senin (1/11/2021).

Ia menjelaskan, di Pulau Bangka ini tercatat ada sekitar puluhan masyarakat yang menderita bibir sumbing. Selain itu, operasi bibir sumbing ini tidak dapat dicover oleh BPJS Kesehatan karena bagian dari estetik. Padahal, kata dia bibir sumbing merupakan salah satu penyakit bawaan.

“Melalui kegiatan ini kita berkeinginan untuk membuat senyum yang lebih baik untuk mereka yang membutuhkan dengan cara operasi bibir sumbing ini. Dimana operasi bibir sumbing ini tidak ditanggung BPJS karena dinilai untuk estetik, namun jumlah masyarakat yang menderita bibir sumbing masih cukup tinggi. Untuk itulah IDI bersama PT Timah Tbk bersama Rumah Sakit Medika Stania menggelar operasi bibir sumbing ini,” ujaranya.

Ia menyebutkan, sebelum pandemi Covid-19 kegiatan serupa juga pernah dilakukan bersama UPZ Baznas PT Timah Tbk. Namun, kegiatan ini kembali dilaksanakan pada tahun 2021 dengan menggunakan danas CSR PT Timah Tbk.

“Operasi bibir sumbing juga pernah dilaksanakan bersama UPZ Baznas PT Timah Tbk, tapi karena Covid-19 mereka terfokus ke penanganan Covid-19, jadi tahun ini IDI mengusulkan kegiatan ini ke CSR PT Timah Tbk dan disetujui sehingga kegiatan ini bisa kembali dilaksanakan,” ujar Direktur Rumah Sakit Medika Stania.

Menurutnya, sejauh ini PT Timah Tbk kerap berkolaborasi dengan IDI untuk melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan bersama masyarakat terutama dalam menangani pandemi Covid-19.

“Singergi yang ada saat ini sudha terjalin dengan baik, apalagi dalam situasi pengentasan Covid-19 kita juga banyak dibantu PT Timah Tbk. Kadang-kadang juga ada pasien yang diusulkan IDI untuk mendapatkan bantuan biaya pengobatan ini dibantu juga oleh PT Timah Tbk,” ujarnya.

Kedepan, Ia berharap PT Timah Tbk dapat turun membantu masyarakat dalam menangani penyakit DBD yang jumlah kasusnya mulai meningkat.

“Kita berharap sinergi ini tetap terus terjalin dan PT Timah Tbk juga bisa membantu kita dalam penanganan DBD misalnya dengan memberikan bantuan alat fogging bagi LSM untuk membantu melaksanakan fogging,” tutupnya.(rls)

loading...

Check Also

Ringankan Korban Kebakaran di Kelurahan Pintu Air, PT Timah Serahkan Bantuan Sembako

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Meringankan beban korban kebakaran yang terjadi di Jalan Kenali Asam, Kelurahan Pintu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *