PT Timah Bersama Masyarakat Tanam 2000 Pohon Bakau di Kawasan Teluk Rubiah

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Divisi CSR PT Timah Tbk, Unit Metalurgi Muntok serta masyarakat Kampung Teluk Rubiah, Kelurahan Tanjung melakukan penanaman 2.000 pohon bakau jenis perepat, di pesisir pantai kawasan wisata Bozem Kampung Iklim, Senin ( 20/9).

Penanaman dilakukan secara simbolis oleh Kepala Divisi CSR PT. Timah, Adam Darmawan, Kabid Sekretariat Unmet Muntok, Arief Yudianto, Camat Muntok, Sukandi, Ketua RT. 02. RW.06 Tanjung Pakdan, Teluk Rubiah, Lintang Tatang, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat dan KPHP Rambat Menduyung serta tamu undangan lainnya.

Camat Muntok, Sukandi mengatakan pohon bakau jenis perepat sangat cocok untuk ditanam di pesisir Pantai Teluk Rubiah.

Sebab pada penanaman sebelumnya dengan jenis bakau yang lain, tidak ada yang tumbuh dan bertahan, sehingga bisa dikatakan gagal. Sementara jenis perepat berhasil tumbuh subur.

” Kalau yang pertama kita gagal karena jenis bibitnya, karena disini kalau kita lihat tumbuhan yang banyak tumbuh disini adalah perepat. Karena kita liat contoh di awal ada sekitar 4 tahun lalu ditanam perepat berhasil walaupun tidak 100%. Artinya ada yang hidup. Harapan kita kali ini harus berhasil, karena kita lihat contohnya perepatnya cukup bagus dan mendukung lahan yang kita tanam hari ini,” ujar Sukandi.

Sukandi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Divisi CSR, Unmet serta masyarakat Teluk Rubiah. Dia berharap, selain bantuan bibit dan penanaman, perawatan perepat juga diperhatikan agar bakau yang sudah ditanam bisa tumbuh seperti yang diharapkan.

” Kita tentunya sangat mengharapkan jangan hanya penanaman tapi untuk perawatannya juga karena ini perlu perawatan. Kami sangat mendukung sepenuhnya program ini. Mudah – mudahan dengan niat tulus kita semua penamaan hari ini bisa tumbuh dan berhasil,” ucapnya.

Kepala Divisi CSR PT. Timah Adam Darmawan mengatakan, kegiatan Divisi CSR tidak hanya identik dengan kegiatan bagi – bagi sembako, bantuan rehab masjid atau musholla dan lain – lain, tapi juga ada pula program peduli lingkungan.

Penanaman perepat ini sebagai bentuk kepedulian PT. Timah terhadap lingkungan dan juga membantu Unmet agar tetap bersinergi dengan lingkungan.

Dalam kegiatannya, Divisi CSR dalam selalu bersinergi dengan masyarakat, kelompok atau pun dengan komunitas atau wadah – wadah lainnya. Salah satunya penanaman perepat yang dilaksanakan hari ini.

” Jadi mudah – mudahan kegiatan seperti ini bisa berlanjut baik di tempat ini maupun di tempat lain, apalagi ring satu dari kegiatan perusahaan. Kebetulan disini kegiatan perusahaan adalah peleburan, Unmet. Jadi kami membantu Unmet dalam hal ini peduli lingkungan, penanaman 2.000 perepat dengan sistem klaster. Mudah – mudahan bisa berjalan lancar sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap lingkungan hari ini dan ke depannya,” tukas Adam. ( IBB/rls )

loading...

Check Also

Kodim 0431/Bangka Barat Bagikan BTPKLW kepada 1500 Orang

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kodim 0431/Bangka Barat membagikan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *