Razia Tambang Ilegal di Bumi Perkemahan Bocor? Ini Kata Polisi

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Polres Bangka dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka menggelar razia penambangan pasir dan timah ilegal yang berada di Bumi Perkemahan (Buper) Tambang 23 Sungailiat, Rabu (9/9).

Namun sayang, saat tiba di lokasi tak satu pun aktivitas pertambangan berlangsung. Kendati begitu, sejumlah alat mulai dari pipa, mesin dan lainnya tampak masih berada di lokasi.

Kabag Ops Polres Bangka AKP Teguh Setiawan mengatakan, razia dilakukan juga sebagai tindaklanjut dari instruksi bupati. Menurutnya, langkah secara persuasif dengan memberikan imbauan juga terus dilakukan.

Apakah razia bocor? AKP Tegus mengaku tak tahu menahu. Saat tiba di lokasi kata dia, sudah tidak ada aktivitas apapun.

Kabid Penegakkan Perundang-Undangan Satpol PP Bangka Dody Fitriansyah mengakui, lahan yang di tambang adalah aset milik Pemkab Bangka. Luas lahan mencapai 20,7 hektare.

“Luas lahan berdasarkan data sementara dari bagian aset adalah 20,7 hektare. Namun, lahan yang ditambang kita kurang tahu pasti berapa luasannya,” kata Dody.

Dia menjelaskan, aktivitas pertambangan sendiri sudah berlangsung selama satu bulan.

“Kemarin sudah kita pantau. Ada satu unit alat berat dan 4 unit TI apung yang beroperasi disana. Jadi kita secara persuasif saja dulu,” ujarnya.(*/zen)

loading...

Check Also

Pertamina Patra Niaga Menggelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 0 di Area Dermaga FT Pangkal Balam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pangkal Balam Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *