Realisasi PBB Bangka Sudah Capai Rp5 Miliar

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka mencatat capaian hasil pungutan Pajak Bumi Bangunan (PBB) sudah 75.50 persen atau Rp5 miliar lebih dari target Rp7 miliar.

Kasubid Penagihan dan Piutang Pajak Daerah, BPPKAD Kabupaten Bangka, Adi Muslih mengatakan, hasil pungutan PBB pada sektor itu terhitung hingga Senin (21/9).

“Saya optimis target PBB sektor pedesaan dan perkotaan sampai akhir 2020 mampu mencapai target. Mengingat mulai tingginya kesadaran wajib pajak membayar kewajibannya meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada penurunan perekonomian masyarakat,” jelas Adi Muslih, Selasa (22/9).

Dikatakan Adi, capaian pungutan sementara yang mencapai 75.50 persen tersebut mengalami peningkatan dibandingkan periode sama tahun 2019 yang saat itu hanya mencapai 65 persen.

Upaya memaksimalkan pungutan dari wajib pajak kata dia, pihaknya bekerjasama dengan Bank SumselBabel, terjun langsung kelapangan door to door melakukan penagihan sampai ketingkat kecamatan.

Jumlah pungutan PBB setiap hari kata dia, mengalami peningkatan meskipun tidak terlalu signifikat karena penagihan di lapangan masih terus berlanjut.

“Saya ingatkan bagi wajib pajak yang belum melunasi kewajibannya, agar segera membayarnya karena akan dikenai sanksi denda sebesar dua persen per bulan dari total tagihan setelah batas tempo 31 Oktober 2020,” katanya.

Dia mengatakan, pungutan PBB sektor pedesaan dan perkotaan sampai akhir 2020 ditargetkan mampu mencapai 100 persen dari 97.481 wajib pajak.(*/zen)

loading...

Check Also

Kementerian PPA Anugerahi Pangkalpinang Sebagai Kota Layak Anak 2021

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Republik Indonesia menganugerahi Kota Pangkalpinang sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *