Samsat Definitif Hadir di Bangka Barat, Mudahkan Warga Bayar Pajak Kendaraan

WARTABANGKA, MUNTOK – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menyebutkan masyarakat Bangka Barat kini tidak perlu jauh-jauh mengurus pajak kendaraan ke Kantor Samsat Sungailiat, Kabupaten Bangka. Hal ini dikarenakan pembayaran pajak kendaraan pajak bermotor lima tahunan dan pergantian STNK sudah bisa dilakukan di Kantor UPT Samsat Bangka Barat.

“Tentunya kita harapkan pendapatan dari sektor pajak-pajak kendaraan bermotor bisa ditingkatkan, tentunya akan meningkatkan juga kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata kapolda saat launching peningkatan layanan Samsat Bangka Barat di Kantor UPT Samsat Bangka Barat, Senin (7/9).

Kapolda menjelaskan pelayanan ini dalam hal pembayaran pajak bisa ditingkatkan lagi misalnya dilakukan di tempat keramaian. Jadi pelayanannya tidak hanya terfokus di kantor saja.

“Kita berharap pelayanan tidak hanya berhenti sampai di sini saja tidak hanya STNK saja mungkin nanti bergerak di mutasi dan sebagainya. Pergerakan dan pergerakannya lebih lebih ditingkatkan tidak hanya terfokus pada kantor ini saja. Di Belitung kemarin di pusat-pusat keramaian di buka gerai, jadi dimana ada tempat keramaian di situ ke kita pusatkan tempat pembayaran pajak,” jelasnya.

Menurutnya, tidak bisa dipungkiri bahwa negara masih membutuhkan pajak dari masyarakat. Untuk itu, kapolda berharap Samsat di Bangka Barat ini terus mengembangkan diri.

“Semua orientasinya adalah memudahkan bagi masyarakat bagaimana bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, semudah- mudahnya. Endingnya kepada pemerintah juga,” jelasnya.

“Kemudian saya jika kita semua menyesuaikan perkembangan zaman dan teknologi, termasuk pelayanan kepada publik ini. Yang semula pelayanan secara parsial manual menjadi pelayanan yang modern dengan digital. Jangan lupa ya kita tetap mengedepankan protokol kesehatan,” sambungnya.

Kapolda menambahkan visi misi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan launching peningkatan layanan Samsat sudah terwujudkan dan hal ini perlu direalisasikan ke depan dalam bentuk pelayanan-pelayanan yang lainnya.

“Pokoknya orientasinya bagaimana masyarakat mudah. Di pelosok-pelosok itu kan banyak sekali surat motor surat motor yang dibilang bodong tidak punya STNK matinya sudah tahunan yang lalu ini perlu kita support perlu kita dekati mereka kalau perlu sampai ada pemutihan lah nanti,”katanya.

“Tadi sudah kita bicarakan kalau perlu sampai akhir tahun peningkatannya tidak signifikan kita pemutihan aja kita sepakati aja kita diskusikan apakah patut kita putih kan kita putih kan agar masyarakat tergugah untuk membayar pajak,” pungkasnya. (*/ibb)

loading...

Check Also

Pertamina Patra Niaga Menggelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 0 di Area Dermaga FT Pangkal Balam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pangkal Balam Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *