Satgas Covid Berlakukan PPKM di Dusun VI Pait Jaya Selama 10 Hari ke Depan

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Kampung Pait Jaya, Desa Belo Laut. Di daerah itu Dusun VI, RT. 003 RW. 001 juga telah ditetapkan sebagai zona merah.

PPKM di Dusun VI Pait Jaya akan dilaksanakan selama 10 hari, karena di lokasi tersebut terdapat 13 orang terkonfirmasi positif dan 2 orang meninggal dunia. Namun klasternya masih dalam penyelidikan.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Barat, Sidarta Gautama mengatakan pihaknya telah melakukan PPKM skala mikro sejak tadi malam.

PPKM di Dusun VI Pait Jaya akan dilaksanakan selama 10 hari, karena di lokasi tersebut terdapat 13 orang terkonfirmasi positif dan 2 orang meninggal dunia. Namun klasternya masih dalam penyelidikan.

” Jadi kalau dalam PPKM mikro bahasanya bukam lockdown, artinya
sasarannya adalah kelurahan sampai tingkat RT yang sedang zona merah ini. Jadi Dusun Pait Jaya ini satu RT-nya zona merah,” kata Sidarta Gautama, Rabu (7/7).

Pemberlakuan PPKM sendiri kata Sidarta, berdasarkan Instruksi Mendagri. Apabila terdapat 5 orang terkonfirmasi dalam suatu wilayah, maka wajib dilaksanakan PPKM, baik sosial, ekonomi dan keagamaan.

” Ini sudah harus kita lakukan supaya kita bisa meminimalisir dan melokalisir jangan sampai dari sini muncul ke RT sebelahnya. Kita bukan untuk menyulitkan masyarakat tapi kita ingin membatasi jangan sampai melebar,” ujar Sidarta.

Maka dari itu, Sidarta berharap dengan adanya PPKM ini, masyarakat bisa mengetahui bahwa dalam satu RT tersebut sedang terjangkit pandemi, sehingga orang luar pun juga mengetahui dan tidak masuk ke area yang sedang PPKM.

” Kalau untuk masyarakat yang karyawan kantor kita lihat urgensinya, kalau memang kondisi tidak bisa Work From Home kita silahkan. Tapi nanti harus kita laporkan dengan petugas yang kita siapkan disini,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto menjelaskan pihaknya yang tergabung dalam Satgas Penanganan Covid akan membantu menjaga, termasuk tenaga kesehatan untuk berpatroli ke pasien yang sedang isolasi mandiri.

” Untuk kepolisian setiap tugas ada 3 personel. Sudah kami jelaskan, kegiatan agama di rumah, saya sudah rembukkan ( dengan pemuka agama-red ) sehingga target kita sebelum lebaran sudah clear sudah nol lagi,” tutup Kapolres. ( IBB/rls )

loading...

Check Also

Promosikan Produk UMKM Babel, PT Timah Boyong Mitra Binaan ke Pameran BUMN-UMKM Great Sale 2021

WARTABANGKA, SOLO – Menggeliatkan promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *