Satu Guru SMP 1 Koba Positif Covid-19, Satgas Larang KBM Tatap Muka

WARTABANGKA, KOBA – Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melarang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di SMPN 1 Koba setelah seorang gurunya berinisial TKH terkonfirmasi positif Covid-19.

“Merujuk kepada aturan, KBM tatap muka ditiadakan bagi sekolah dengan tenaga pendidik ataupun siswa terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Kepala Sekretariat Satgas Covid-19 Bateng, Yudi Sahbara, Kamis (8/4).

Menurutnya, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan melarang KBM tatap muka, Yudi menyebut semua tenaga pendidik SMP 1 Koba lainnya diwajibkan melaksanakan Swab PCR.

“Jika ada kontak fisik, siapa saja harus di Swab PCR, termasuk kepada siswanya,” ujar Yudi.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan dinas pendidikan, memantau penyebaran Covid-19 di sektor pendidikan.

“Jika ada tenaga pendidik terkonfirmasi positif Covid-19, kita menekankan kepala sekolahnya agar melaksanakan KBM secara online atau daring tidak tatap muka,” tegasanya.

Kepada tenaga pendidik yang terkonfirmasi positif Covid-19, tegasnya, harus melaksanakan isolasi selama 14 hari. Satgas Covid-19 Bateng juga terus mensosialisasikan Protokol kesehatan di sekolah-sekolah.

“Harapannya, mata rantai penyebaran Covid-19 di Bateng terputus dengan kedisiplinan masyarakat,” pungkas Yudi.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Bateng, Iskandar membenarkan ada tenaga pendidik positif Covid-19 di SMP 1 Koba. Selain SMP 1 Koba, SMP 2 Koba dan 3 SD di Bateng juga terdapat tenaga pendidik yang positif Covid-19.

“Data kita mencatat, tenaga pendidik terpapar Covid-19 se Bateng tersebar 5 Sekolah,” kata Iskandar.

Dia mengatakan pelaksanaan KBM di Bateng masih secara daring. Namun, sekolah yang berada di daerah kategori zona hijau telah mengajukan KBM tatap muka ke Dindik Bateng dan sudah disampaikan ke Satgas penanggulangan Covid-19 Bateng.

“Ya, harapan kita ke depan seluruh sekolah di Bangka Tengah masuk kategori zona hijau, dan bisa melaksanakan KBM tatap muka,” harapnya. (RN)

loading...

Check Also

Pelaku Pembunuhan Guru Ngaji di Simpangperlang Diserahkan Keluarga ke Polisi

WARTABANGKA.COM, KOBA -MF alias DD, pelaku pembunuhan terhadap Jauhari (41), warga Simpangperlang, Kecamatan Koba, diserahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *