Sekda Bangka Barat Serahkan Kartu JKN-KIS kepada Peserta PBPU-PD

WARTABANGKA, MUNTOK – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) menggelar kegiatan penyerahan secara simbolis kartu JKN-KIS kepada peserta PBPU PD tahun 2021. Kegiatan dengan tema “Terwujudnya Masyarakat Bangka Barat Maju, Sejahtera dan Bermartabat ” ini dilaksanakan di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, Rabu ( 10/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Drs. Muhammad Soleh, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Ir. Herzon, Kepala BPJS cabang Babar, Rudy Widjajadi, seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkab Babar, Camat se- Kabupaten Babar, dan Kepala Puskesmas Se – Kabupaten Babar.

Bupati Babar , H. Sukirman yang diwakili oleh Sekda, Drs. Muhammad Soleh mengatakan kegiatan yang diselenggarakan ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan serta jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Babar. Kegiatan ini juga merupakan perluasan cakupan dari JKN di Bangka Barat dalam rangka pencapaian Universal Health Coverage per tanggal 1 Juli lalu.

“Ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan UHC yang telah dilaunching beberapa bulan yang lalu. Hari ini saya serahkan secara simbolis kartu JKN-PBPU PD Pemda Bangka Barat dengan harapan peserta dapat semakin mudah menjangkau layanan kesehatan seutuhnya,” kata Soleh dalam sambutannya.

Soleh menjelaskan pada prinsipnya pemda telah berkomitmen agar semua masyarakat di Kabupaten Babar memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang komperensif dan bermutu tanpa adanya hambatan dan terkenda permasalahan biaya.

“Alhamdulillah progres penetapan UHC pemerintah Kabupaten Bangka Barat per 1 November tahun 2021 telah mencapai 97,75% dari jumlah penduduk sebanyak 206.006 Jiwa. Dari jumlah tersebut yang terdaftar pada segmen PBPU PD pemda sebanyak 75.221 jiwa dan PBPU PD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 7.478 jiwa. Sehingga sisanya terdaftar pada segmen PBI APBN, mandiri, Pekerja Penerima Upah ( PPU ) dan Bukan Pekerja ( PB ),” jelas Soleh.

Maka dari itu, Soleh berharap kepada pihak BPJS agar mempermudah pendaftaran terutama bagi identitas peserta yang tidak update dan tidak online agar dapat tetap diaktifkan kepesertaan BPJS nya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan kemudahan untuk proses rujukan dan bagi peserta mandiri yang aktif namun punya catatan belum bayar 45 hari melunasi tunggakan yang sedang menjalani rawat inap dapat langsung diaktifkan ke segmen PBPU PD Pemda Babar dan denda tidak diberlakukan bagi peserta mandiri tersebut.

” Semoga kita dapat sama-sama berkomitmen untuk senantiasa tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta dapat berpartisipasi aktif dalam optimalisasi program UHC agar layanan kesehatan dapat dinikmati secara adil, merata dan berkesinambungan sebab layanan kesehatan merupakan layanan dasar yang memang patut dinikmati oleh masyarakat secara maksimal. Sehingga terwujudnya masyarakat yang Maju, sejahtera dan bermartabat,” tutup Soleh. ( IBB/ADV )

loading...

Check Also

Ringankan Korban Kebakaran di Kelurahan Pintu Air, PT Timah Serahkan Bantuan Sembako

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Meringankan beban korban kebakaran yang terjadi di Jalan Kenali Asam, Kelurahan Pintu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *