Sekda Pangkalpinang Minta Pengelola Wisata Sediakan Toilet

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Radmida Dawam berharap kepada pengelola wisata di daerah itu dapat memberikan perhatian dengan pengadaan toilet yang memadai. Menurut dia, ketersediaan toilet di kawasan wisata sangat penting.

Hal ini katakannya seusai memberikan sambutan pada Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Wisata oleh Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Selasa (22/6) kemarin.

“Ini penting, karena merupakan wajah kebersihan destinasi wisata kita, yang dilihat wisatawan itu adalah toiletnya. Kalau tidak bersih, memadai, dan aman, bagaimana orang mau datang,” katanya.


Radmida pun mengapresiasi pelatihan yang diselenggarakan Dispar, karena memberikan pengetahuan kepada pengelola mengenai standar pengadaan toilet.


“Apalagi perempuan, toilet bersih dan nyaman itu yang utama. Para pengelola dapat tahu bersihnya toilet seperti apa, standarnya seperti apa, dan toilet yang benar seperti apa,” ujarnya.


Toilet perempuan pun dikatakannya harus lebih banyak dari lelaki.

“Untuk proses buang air kecil saja perempuan lama, dan toilet-toilet di sekolah harus lebih banyak dari pada laki-laki. Jadi program ini pun sudah responsif gender, ini harus diubah strateginya, harus lebih banyak perempuannya,” katanya.(*)

loading...

Check Also

Pandemi Covid-19, Sekda Pangkalpinang: Hak Anak Harus Terpenuhi

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang sangat serius memperhatikan perkembangan anak-anak di kota itu. Sekretaris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *