September, BPS Akan Laksanakan Sensus Penduduk Door To Door

Pertemuan Kepala BPS Babel, Dwi Retno dengan Bupati Babar di di OR 1 Setda Babar, Selasa (18/8) sore. WARTABANGKA.COM/IBB

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Dwi Retno menyebutkan pihaknya akan melaksanakan sensus penduduk secara door-to-door pada September 2020 mendatang. Hal itu dilakukan guna konfirmasi dan validasi kembali baik penduduk yang sudah melakukan sensus penduduk online maupun penduduk yang belum melakukan sensus penduduk online.

“Jadi nanti petugas sensus kami akan didampingi oleh RT, door-to-door untuk menyisir ke rumah-rumah penduduk. Jadi untuk mengkonfirmasi kembali apakah nama-nama yang sudah kan kami membawa DP (Daftar Penduduk-red) yang berasal dari data dukcapil karena memang tujuan kami kedepan adalah menuju satu data kependudukan,” kata Dwi Retno saat sambutannya saat bertemu Bupati Bangka Barat (Babar) di OR 1 Setda Babar, Selasa (18/8) sore.

Menurutnya, petugas akan melakukan konfirmasi apakah nama-nama yang tercantum masih ada di lingkungan RT yang didatangi. “Jadi KK nya disini orangnya masih ada atau tidak atau orangnya sudah pindah atau orangnya sudah meninggal atau ada tambahan baru dikeluarga tersebut ditambahkan. Jadi karena prinsip kami adalah tidak ada boleh yang terlewat jadi harus dikonfirmasi semua,” lanjutnya.

baca juga: Sensus Penduduk Online Capai Target, Pemkab Babar Terima Penghargaan dari BPS

Kemudian, dilanjutkan Dwi Retno, pihaknya mempunyai tujuan untuk menuju satu data kependudukan. Maka, apabila penduduk yang belum mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) akan ditindak lanjuti oleh Kemendagri melalui dinas kependudukan dan catatan sipil. 

Setelah itu akan diproses untuk diberikan NIK agar seluruh penduduk bisa memiliki NIK.

“Ini kami harapkan bisa tahapan sensus 2020 selesai di bulan September dengan nanti ada hari sensus nanti kami akan mencacah mereka-mereka yang diluar SLS. Jadi yang ada di ABK ada di daerah terpencil, gelandangan dan yang dikolong jembatan kalau di Jakarta ada yang tinggal di gerbong-gerbong kereta atau sebagainya kita sisir semua,” jelas Dwi Retno.

loading...

Check Also

Erzaldi Yakin Bangka Barat Akan Berkembang Dalam Waktu Dua Tahun ke Depan

WARTABANGKA, MUNTOK – Kabupaten Bangka Barat adalah suatu daerah yang luar biasa. Apalagi di Kecamatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *