Sepuluh OPD Pemprov Babel Dirampingkan, Baru Dua Kepala Dinas yang Dilantik

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) akan digabungkan, hingga akhirnya menjadi lima OPD.

Dua OPD yang digabungkan ini saling terkait satu sama lain tugas dan fungsinya, sehingga alasan efisiensi, dua OPD akhirnya digabung menjadi satu.

Dari penggabungan dua OPD ini, bukan saja jabatan eselon II yang berkurang, tetapi juga jabatan eselon III dan IV, ada yang berkurang dan bertambah.

“BKPSDM saat ini sedang menyusun dan menata agar ASN dan pejabat bisa terakomodir dalam jabatan yang baru di dalam SOTK baru ini,” kata Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, Selasa (26/1).

Sementara ini, baru dua OPD kata dia, yang terealisasikan, yakni dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga (disbudparpora) dan dinas pertanian ketahanan pangan. Dua OPD ini dikomandoi oleh Syaifudin sebagai Kadisbudparpora dan Juaidi Kadis Pertanian Ketahanan Pangan.

“Kenapa digabung, karena ada dua bidang yang memiliki tugas sama, seperti pemuda olahraga, juga berkaitan dengan pariwisata, sport tourism misalnya, dan hal-hal lain yang bisa di efisiensikan, ” tuturnya.

Sementara, Kepala BKPSDM Babel, Sahirman mengatakan, pejabat eselon II, III dan IV yang baru dilantik, merupakan lanjutan dari penggabungan sepuluh OPD, karena secara bertahap dilakukan rotasi.

“Nanti menyusul OPD yang kita gabung, kami juga sedang minta rekom ke KASN, lima orang sudah dilantik, eselon III dan IV tinggal dirapikan, terutama yang belum terakomodir pada pelantikan pertama kita atur lagi,” ujar Sahirman.

Ia memastikan, meskipun ada pengurangan pejabat eselon II, penambahan atau pengurangan jabatan eselonn III dan IV, BKPSDM tetap akan memperhatikan dan mencermati kemampuan masing-masing ASN, agar nantinya bisa mendapatkan jabatan, atau dalam kata lain tidak ada yang tak kebagian kursi jabatan.

“Sebagai dampak penggabungan, memang ada pengurangan dan penambahan jabatan, tapi semua dapet jabatan, yang terdampak dengan formasi tersedia masih bisa di penuhi semua, kami hitung berapa yang hilang berapa yang nambah, semuanya terakomodir, ada ASN yang sebagian ke fungsional, yang tidak, bisa diupayakan pada formasi yang masih ada,” jelasnya.

Lima OPD baru ini adalah dinas pemberdayaan masyarakat pemerintah desa akan digabungkan dengan dinas sosial, dinas kehutanan lingkungan hidup, dinas kebudayaan pariwisata pemuda olahraga, dinas pekerjaan umum dan perumahan pemukiman; dan dinas pertanian ketahanan pangan. (*/two)

loading...

Check Also

Babel Provinsi Pertama Luncurkan Kurikulum Anti Narkoba untuk Pelajar SMA

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mengimplementasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *