Soal Kepemilikan Saham di PT Timah, Erzaldi: Kita Jangan Menyerah!

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Usulan agar Provinsi Bangka Belitung (Babel) memiliki saham di PT Timah Tbk kembali mencuat. Setelah beberapa upaya yang dilakukan sebelumnya belum membuahkan hasil, kali ini upaya usulan serupa diusulkan oleh tim divestasi saham dan royalti dalam waktu dekat kepada pemerintah pusat.

“Kalau tidak punya saham, kita tidak bisa menentukan arah kebijakan, sekalipun 10 persen tapi itu marwah, dimana perusahaan itu mengambil sumber daya alam di Babel, dia wajib memberi karena mengambil sumber daya alam, ” kata Gubernur Babel, Erzaldi Roesman, Jumat (2/10).

Disamping itu, kata dia, pemerintah daerah jangan terbuai dengan royalti yang diberikan pemerintah pusat selama ini. Timah sebutnya, adalah komoditi tambang yang royaltinya terendah, yakni 3 persen.

“Kita mengajak bupati, walikota dan anggota DPD, dukungan terhadap kepemilikan saham ini. Semakin cepat semakin bagus, nanti ketika kita berteriak, semua ikut, ini harus diperjuangkan bersama-sama, tidak ada super man, tapi super tim. Saya yakin bisa,” tegasnya.

Untuk mengusulkan ini, tambah Erzaldi, harus ada trik dan strategi, diantaranya membagi dengan beberapa tim yang akan menembus beberapa kementerian, karena pengajuan usulan terkait dengan beberapa kementerian.

“Berkenaan dengan saham ini, sewaktu periode pertama Presiden Jokowi, sudah kami sampaikan ketika berhadapan saat makan siang, beliau bingung kok nggak ada saham, nggak bener katanya, harusnya ikuti seperti Papua dan Padang, maka ditunjuk pak Moeldoko, hanya sampai sekarang belum ada jawaban, tapi kita jangan menyerah, ” bebernya.

Erzaldi menambahkan, ketika perjuangan pembentukan Provinsi Babel, salah satu sumber yang dipersiapkan dalam rencana pendapatan keuangan, adalah saham PT Timah, dan ini selaras, bagaimana tinggal membentuk tim bersama.

“Apalagi dengan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2020, pemerintah daerah tidak bisa menghapus IUP tambang, tapi kalau kita punya suara di PT Timah, paling tidak kita bisa bersuara dan ikut dalam arah kebijakan perusahaan sekalipun kecil,” tutupnya. (*/two)

loading...

Check Also

Sekda Pangkalpinang Minta Pengelola Wisata Sediakan Toilet

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Radmida Dawam berharap kepada pengelola wisata di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *