Tingkatkan Transparansi Produk Rencana Tata Ruang, Algafry Launching SITARU dan SIBAGUS

WARTABANGKA, KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melaunching Sistem Informasi Tata Ruang (SITARU) dan Sistem Informasi Bangunan Gedung Swakelola (SIBAGUS) di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (20/4).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan bahwa inovasi pelayanan publik dalam bentuk aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara dinas pekerjaan umum, penataan ruang dan pertahanan bersama dinas komunikasi, informatika dan statistik.

Algafry menyampaikan tujuan dari hadirnya kedua aplikasi ini adalah untuk meningkatkan transparansi produk rencana tata ruang setiap publik atau masyarakat, dengan harapan dapat diakses dengan mudah.

“Kita hadirkan dua aplikasi ini guna meningkatkan transparansi produk rencana tata ruang setiap publik atau masyarakat yang dapat diakses melalui website http://sitaru.bangkatengahkab.go.id yang siap untuk digunakan secara online dengan harapan mudah diakses kapan pun dan di manapun,” tutur Algafry.

“Kedepannya sistem informasi ini akan terus dikembangkan agar dapat memenuhi dan memfasilitasi stakeholders terkait kebutuhan informasi rencana tata ruang untuk kepentingan pembangunan dan investasi yang aman dan nyaman di Bangka Tengah, karena tata ruang merupakan pintu terbaik investasi,” tambahnya.

Ia juga menuturkan bahwa aplikasi sistem informasi tata ruang ini menampilkan informasi berupa peta pola ruang yang dapat dipilih dan akan menampilkan informasi sesuai pilihan kategori.

“Aplikasi ini menampilkan informasi berupa peta pola ruang yang dapat dipilih serta menampilkan informasi peruntukan pemanfaatan ruang, peta struktur ruang yang dapat dipilih berdasarkan kategori dan jenisnya,” kata Algafry.

“Bukan hanya SITARU, hari ini kita juga perkenalkan aplikasi SIBAGUS aplikasi yang berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses perhitungan rencana anggaran biaya dalam proses pembangunan, khusunya tingkat Pemerintah Desa yang melaksanakan kegiatan pembangunan secara Swakelola,” timpal Algafry.

Ia berharap dengan sistem informasi yang dikembangkan ini akan mampu mengangkat performa Pemkab Bangka Tengah.

“Kita sama-sama berharap dengan sistem informasi yang dikembangkan ini akan mampu mengangkat performa Pemkab Bangka Tengah, dengan terciptanya layanan publik yang lebih bermutu, efisien dan semakin unggul,” pungkasnya. (RN)

loading...

Check Also

Walikota Molen Resmikan Gerai Mc Donalds Pangkalpinang

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Salah satu makanan cepat saji asal Amerika Serikat Mc Donalds kini sudah dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *