Triwulan III & IV, Bank Indonesia Perkirakan Ekonomi Babel Kembali Tumbuh

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Bank Indonesia (BI) memperkirakan ekonomi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada triwulan III dan IV tahun 2020 akan mulai tumbuh dan bertahan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Iya kalau dilihat dari perputaran uang sekarang sudah relatif lebih tinggi, karena kita sudah mengalami penurunan ekonomi yang paling lambat itu adalah di triwulan II kita tumbuh sekitar minus 4,98%,” kata Kepala Perwakilan BI Babel, Tantan Heroika, Jumat (28/8).

Babel, sebutnya, di regional Sumatera, berada di urutan kedua setelah Kepri yang mengalami pertumbuhan minus 6,6%, dan Sumatera Barat sekitar minus 4,93%. Kondisi ini terjadi di seluruh Indonesia dan juga dunia.

“Dalam pertumbuhan yang negatif ini, perputaran uang juga mengalami perlambatan, nah di triwulan III, kita lihat dari hasil hasil survei ini sudah mulai bergerak naik, dari harga harga komoditi kita yang juga semakin membaik,” ulasnya.

Meskipun belum kembali pada level yang sebelumnya, terkait dengan perputaran uang, otomatis perputaran uang juga sudah semakin naik, baik secara tunai maupun juga ini sudah mulai bergerak naik.

“Ini harus kita dorong terus ya bagaimana sektor sektor prioritas ini bisa segera dibuka gitu ya, karena Bangka Belitung kan memang baik dalam penanganan Covid-19, sehingga sektor-sektor yang diprioritaskan juga sudah mulai bergerak dan sudah mulai dibuka,” beber Tantan.

Pemerintah, kata dia, juga berupaya meningkatkan ekonomi ini dengan stimulus fiskal, baik dari pusat APBN l, dan APBD ini yang bisa terserap.

“Di sektor riil, bagaimana restrukturisasi kredit, fungsi intermediasi perbankan juga bisa pelonggaran likuiditas,” pungkasnya.(*/two)

loading...

Check Also

Tiga Kabupaten di Babel Terapkan PPKM Level 4

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Tiga kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menerapkan pemberlakuan pembatasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *