Tujuh Fraksi DPRD Babel Setujui APBD Perubahan 2020

“Melihat hal ini Fraksi PKS mendorong agar pemerintah daerah dapat melakukan terobosan dengan menetapkan program-program prioritas untuk pendapatan. Terutama PAD dengan melaksanakan sebaik-baiknya program yang sudah ditetapkan selama ini dan tidak tergantung pada dana perimbangan dari pusat,” katanya.

Kemudian, berdasarkan peningkatan pendapatan pada APBD Perubahan ini agar pemerintah daerah kemudian melakukan langkah-langkah strategis sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah penerimaan pendapatan secara maksimal guna membiayai belanja daerah yang mengalami kenaikan sebesar 11,34 persen. Yaitu, dari Rp 2.489.645.713.541,43 menjadi Rp 2.771.908.597.075,58.

“Fraksi PKS mendukung program pemerintah daerah dalam melakukan kebijakan belanja dalam Perubahan APBD Tahun 2020 ini. Dengan melakukan efisiensi belanja daerah melalui refocusing kepada kegiatan yang lebih prioritas dan lebih produktif, serta program dan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan dan pemulihan ekonomi masyarakat yang saat ini sedang terpuruk sebagai dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Terkait pengurangan belanja hibah pada RAPBD Perubahan terhadap lembaga nondepartemen sebesar 28,49 persen dan badan/lembaga/organisasi sebesar 25,04 persen, agar pemerintah provinsi kedepannya lebih selektif dan memprioritaskan penyalurannya.

Yaitu, kepada lembaga nondepartemen dan badan/lembaga/organisasi yang memiliki program kegiatan yang berhubungan dengan penanganan wabah Covid-19, pendidikan sosial masyarakat, serta percepatan dan pemulihan ekonomi masyarakat.

“Karena hal ini tentunya sangat membantu program pemerintah daerah. Untuk OPD yang mendapat penambahan anggaran pembangunan fisik, Fraksi PKS mendorong agar menjadi perhatian untuk penyelesaiannya agar dilakukan tepat waktu,” katanya.

loading...

Check Also

Pemkot Pangkalpinang Komit Terapkan Keterbukaan Informasi Publik

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang berkomitmen menjalankan keterbukaan informasi publik seperti yang tertuang dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *