Tujuh Fraksi DPRD Pangkalpinang Setujui Raperda APBD 2021

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Tujuh Fraksi di DPRD Kota Pangkalpinang menyetujui Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Pangkalpinang tahun 2021, menjadi Peraturan Daerah (Perda), dalam Rapat Paripurna ke delapan, masa persidangan ke satu Tahun 2020 yang digelar Rabu (18/11/2020).

Penandatanganan persetujuan Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2021, yang dilaksanakan tersebut merupakan tindak lanjut Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD empat hari sebelumnya, Tanggal 14 dan 15 November 2020 lalu.

Juru bicara Badan Anggaran DPRD, Rudi Kurniawan Yahya menyampaikan Catatan Badan Anggaran DPRD Pangkalpinang. Dia mengatakan, Raperda tentang APBN dan APBD Tahun Anggaran 2020-2021 disusun secara sistematika.

Kata Rudi, pendahuluan APBD Tahun Anggaran 2021, merupakan penjabaran dari kebijakan umum APBD dan anggaran sementara yang telah dibahas dan disepakati. Selanjutnya akan menjadi pedoman dalam penyusunan APBD Kota Pangkalpinang 2021.

“Penyesuaian pendapatan dan belanja ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain perubahan asumsi dasar perubahan kebijakan pendapatan daerah dan perubahan kebijakan belanja daerah serta perubahan kebijakan pembiayaan daerah yang menjadi pedoman.

Maksud dan tujuan pembahasan¬†Raperda¬†tentang perubahan APBD dan Nota Keuangan APBD Tahun Anggaran 2021 adalah dalam rangka menghadapi perkembangan kondisi makro ekonomi daerah yang telah dijabarkan dalam RKPD 2021 dengan terus berupaya meningkatkan sumber penerimaan dari pendapatan asli daerah serta penerimaan dari lain-lain,”ujarnya.

Pada penyampaian terakhir, semua fraksi dan seluruh anggota dewan di DPRD Pangkalpinang menyetujui Raperda tentang perubahan APBD dan Nota Keuangan APBD Tahun Anggaran 2020-2021 tersebut.

Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza mengatakan, APBD Tahun 2021 sudah disahkan oleh DPRD, satu bulan sebelum tahun anggaran berakhir namun APBD tahun 2021 sudah diparipurnakan.

“Tanggal akhir itu Tanggal 30 November tetapi hari ini DPRD Kota Pangkalpinang sudah memparipurnakan itu di Tanggal 18 November hari ini. Nah ini suatu lompatan bahwa DPRD konsisten dan komitmen agar WTP tetap ditangan Pemerintah Kota Pangkalpinang,”kata Hertza kepada awak media usai Paripurna, Rabu (18/11/2020).

Dia menyebutkan, dana insentif daerah yang ingin dikawal agar Pemerintah Kota Pangkalpinang mendapatkan DID.

“Di sisi lain ada hak yang sedikit kita garis bawahi penggunaan anggaran di 2021 dengan syarat dan catatan, adapun catatan yang disampaikan beberap fraksi agar program dan kegiatan yang dilaksankan lebih mengedepankan tentang kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Begitu pula dengan anggaran yang telah di sahkan oleh DPRD kepada para OPD, program dan kegiatannya harus menyentuh langsung kepada masyarakat serta tidak melaksanakan kegiatan besifat seremonial.

“Karena Kita tahu bersama bahwa anggaran 2021 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana pandemi Covid-19 ini belum tahu kapan berakhirnya, dari sisi pendapatan asli daerah itu sangat turun drastis dari tahun-tahun sebelumnya hal ini bertolak belakang dengan semangat kita yang ingin membangun dan notabennya adalah Pangkalpinang sebagai Barometer dan ibu kota Provinsi Bangka Belitung,” jelasnya.

Ia berharap, Pangkalpinang terus tumbuh dan berkembang, namun di sisi lain ia bersyukur bahwa efek dari Pandemi Covid-19  tidak begitu terdampak.

“Pangkalpinang pasti terdampak tetapi tidak terpuruk, ini yang memberikan semangat bahwa kita bisa survive di tahun depan,” katanya

Menurutnya untuk 2022 dirinya yakin dan percaya bahwa Pemerintah Kota Pangkalpinang di bawah kepemimpinan Walikota Maulana Aklil bisa menggeliat menarik investor melakukan pembatasan anggaran yang memang bersifat seremonial dan tidak menyentuh kepada masyarakat.

“Saya pikir Pemerintah Kota Pangkalpinang akan mengubah hal tersebut dikarenakan kita tahu bahwa regulasinya pun akan berubah yaitu adanya perubahan RPJMD Kota Pangkalpinang terutama di Tahun 2021-2022 dan 2023,”tukasnya. (*/)

loading...

Check Also

Kodim 0431/Bangka Barat Bagikan BTPKLW kepada 1500 Orang

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kodim 0431/Bangka Barat membagikan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *