Tuntut Kasus Pelanggaran HAM Dituntaskan, Permahi Datangi Gedung DPRD Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) Cabang Bangka Belitung (Babel) menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Provinsi Babel, Senin (7/9). Massa menuntut penuntasan terhadap kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

Salah satu orator menyebutkan, pihaknya melawan impunitas, yaitu kejahatan yang tidak dikenai hukuman. Pihaknya menolak hal tersebut karena dirasa tidak bagi korban pelanggaran HAM.

“Kita menuntut keadilan karena banyak aktivis yang meninggal karena ulah penguasa. Banyak yang mati karena memperjuangkan hak-hak kita, karena memperjuangkan hak buruh, maka hari ini kami minta kasus untuk dituntaskan. Hari ini kita bersama mengangkat tangan kita untuk tetap melawan,” sebut salah satu orator.

“Para korban mungkin memang telah mati tapi semangat mereka tetap pada diri kita. Kami minta aparat untuk tidak lagi mengkriminalisasi aktivis karena aktivis lah yang melindungi hak rakyat,” teriaknya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel, Amri Cahyadi yang menerima langsung aksi tersebut menyampaikan permohonan maaf karena seharusnya ada beberapa anggota DPRD lain yang menerima aksi mahasiswa.

“Abang minta maaf karena harusnya ada beberapa anggota lain yang menemani abang. Pertama abang mengucapkan terima kasih, karena membuka mata abang khususnya terhadap perjuangan aktivis yang fotonya kawan-kawan bawa ini. Karena semangat mereka harus kita lanjutkan,” ungkapnya.

Dia menegaskan, akan menerima seluruh tuntutan Permahi terkait penguatan HAM di Babel. Pihaknya meminta poin tuntutan tersebut untuk diteruskan ke gubernur dan Kapolda Babel.

“Mengenai tuntutan soal hukum bagi kasus hilangnya aktivis harus kita perjuangkan. Insyaallah nanti tuntutan dari kawan-kawan ke gubernur dan kapolda akan abang sampaikan ke mereka karena mereka tidak bisa hadir disini,” katanya.

Setelah tuntutan tersebut ditandatangani oleh perwakilan DPRD, massa kemudian membubarkan diri pukul 15.30 WIB. (*/rls)

loading...

Check Also

Komisi II Sambangi Kelompok Tani di Belinyu

WARTABANGKA, BELINYU – Tak Hanya dibidang pertanian, peternakan pun memiliki andil yang cukup besar dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *