Update Covid-19 Babel: Tiga Pasien Dinyatakan Sembuh

WARTABANGKA.COM PANGKALPINANG – Tiga pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dinyatakan sembuh. Ketiga pasien ini adalah dua orang asal Belitung Timur (Beltim) dan satu orang asal Kabupaten Bangka.

“Disampaikan berita dan kabar gembira 3 pasien dinyatakan sembuh, yakni inisial L-N-Y, 22 tahun, perempuan, beralamat di Malang Lepau, Burung Mandi, Damar, Belitung Timur. Dan A-L, 25 tahun, perempuan, beralamat di Aik Rusa, Dukong, Simpang Pesak, Belitung Timur,” ujar Humas Pusdalops BPBD Babel, Andi Budi Prayitno, Sabtu (8/8).

Andi Budi Prayitno

Ia menyebutkan, berdasarkan riwayat, keduanya terpapar dari T-H-S, orang yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa keduanya merupakan kontak erat T-H-S. 

Dari hasil tes swab PCR pada 26 Juli 2020 keduanya dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, dan langsung menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam pemantauan dan pengawasan. Dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 8 Agustus 2020. 

“M-Y, 20 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Ahmad Yani, Jalur 2, Gang Rempuding, Bukit Betung, Sungailiat, Bangka. Berdasarkan riwayat, pada 22 Juli 2020 yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Semarang, Jawa Tengah, daerah terjangkit Covid-19. Diketahui bahwa M-Y adalah siswa di Akademi Kepolisian RI. Dinyatakan sebagai kasus impor,” bebernya. 

Dari hasil tes swab PCR pada 29 Juli 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, menjalani isolasi dan penanganan di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai dengan dinyatakan sehat dari Covid-19 pada 8 Agustus 2020. 

ABP menambahkan, dengan adanya penambahan 3 (tiga) orang yang dinyatakan selesai isolasi dan sehat dari Covid-19, maka update kasus Covid-19 di Provinsi Kepulauan Babel, Sabtu 8 Agustus 2020, yang masih menjalani perawatan 10 pasien.

“Kasus kumulatif konfirmasi 200 orang, pasien yang sembuh 188 orang, meninggal dunia 2 orang dan dalam perawatan 10 orang,” rincinya.

Persentase orang yang dinyatakan sehat dari Covid-19 dan selesai isolasi mengalami kenaikan signifikan dan berada dalam tren yang baik yakni di angka 94%.

“Tingkat kematian orang yang terkonfirmasi Covid-19 sangat rendah yakni di angka satu persen,” imbuhnya.

Namun demikian, ia mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalani kehidupan sehari-hari dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Belakangan menunjukkan fakta bahwa baik kasus impor dari pelaku perjalanan maupun kasus transmisi lokal masih terjadi dan hal ini tak bisa diremehkan apalagi disepelekan,” ingatnya. (*/)

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui APBD Perubahan Tahun 2021

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *