Usaha Sampingan, Brigpol Antonius Pilih Beternak Burung Puyuh

WARTABANGKA.KOBA – Di tengah kesibukannya sebagai polisi, Brigpol Antonius memiliki usaha sampingan yakni beternak burung puyuh. Awalnya hanya coba-coba, bisnis milik Bhabinkamtibmas Kelurahan Koba ini ternyata menguntungkan.

“Saya juga memang hobi berternak unggas, misalnya burung dan ayam. Tahun 2020 saya mulai usaha dan hingga sekarang menguntungkan,” ujar Antonius kepada wartawan, Rabu (17/3).

Ia menuturkan memilih ternak burung puyuh, karena prosesnya yang lebih cepat. Dari proses penetasan hanya butuh waktu 17 hari, dari masa dia netas tadi umur 40 hari kemudian, sudah bisa bertelur.

“Satu burung menghasilkan 1 telur setiap hari. Saat ini saya telah memiliki 300 ekor burung puyuh yang aktif bertelur, dalam satu hari bisa menghasilkan 300 telur,”katanya.

Dia menceritakan, awalnya ia beli telur fertil, yakni telur burung puyuh yang siap ditetaskan. Selanjutnya ditetaskan menggunakan mesin penetas selama 17 hari.

“Kemudian kita pelihara di box sampai burung sudah mampu menghasilkan telur, waktunya dari penetasan tadi hanya butuh waktu 40 hari sampai menghasilkan telur,” jelasnya.

Agar burung puyuh dapat produktif, ia menggunakan pakan probiotik buatan sendiri. Probiotik itu memperpanjang usia produktif burung puyuh saat bertelur, usianya bisa sampai 2 tahun. Jika tidak menggunakan probiotik sebagai asupan vitamin, maka paling lama usia produktifnya hanya 1 tahun 4 bulan.

“Nah kalau burungnya tidak produktif lagi, biasa kita jual dagingnya ke Pedagang pecel lele,” katanya.

Selain telur dan daging, Antonius juga menjual kotorannya dalam bentuk pupuk kompos seharga Rp12 ribu/karung. Untuk telur sendiri per 30 butir seharga Rp12 ribu, per satu burung pedaging Rp10 ribu/ ekor.

“Untuk pemasaran sampai saat ini lancar dan biasanya pembeli langsung ambil ke sini. Biasa yang beli pedagang sayur keliling. Alhamdulillah usaha ini berkah untuk keluarga, dan akan saya tekuni terus kedepan,” pungkasnya. (RN)

loading...

Check Also

Kementerian PPA Anugerahi Pangkalpinang Sebagai Kota Layak Anak 2021

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Republik Indonesia menganugerahi Kota Pangkalpinang sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *