Wabup Bangka Barat Tinjau Lokasi Tambang Milik PT Timah di Dusun Terabik

WARTABANGKA, MUNTOK – Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming menijau lokasi tambang TK 2589 Air Terabik, Desa Belo Laut , Kamis (26/8). Lokasi IUP PT Timah Tbk tersebut berdekatan dengan sumber air baku milik PDAM. Wabup meninjau lokasi tersebut bersama PDAM Tirta Sejiran Setason dan Wastam Wilayah Muntok PT. Timah.

Bong Ming Ming mengatakan pihaknya melakukan pengecekan ke lokasi tambang hanya ingin memastikan sistem pembuangannya, tailingnya serta sistem pembuatan taludnya seperti apa. Hal ini untuk memastikan bahwa proses penambangan itu tidak mencemari sumber air baku milik PDAM.

“Tapi Alhamdulillah tadi sudah disebutkan disampaikan oleh pak wastam dan Alhamdulillah sudah disampaikan teknik penambangan seperti apa. Insyaallah dengan cara yang disampaikan oleh pak wastam tadi saya yakini itu aman berdasarkan pengalaman kita di lapangan,” kata Bong Ming Ming.

Selain itu, Bong Ming Ming berharap penambangan seperti itu bisa dilakukan penambangan terbuka.

” Insyaallah dengan penambangan terbuka bisa menjadi sumber air baru untuk PDAM nanti kedepannya,” harap Bong Ming Ming.

Sementara itu, Pengawas Tambang PT Timah Wilayah Muntok, Septiaka menerangkan sistem pengelolaan tambang milik UP PT. Timah tidak akan mencemari sumber air baku milik PDAM di dusun Terabik, desa Belo Laut.

Pihaknya juga sudah menjelaskan sistem pembuangan tailingnya seperti apa dan arah penambangannya seperti apa.

“Pokoknya intinya dari kami sih kami tetap mengelola untuk keselamatan dan sesuai dengan kaidah kaidah penambangan yang berwawasan lingkungan,” tutup Septia. (IBB)

loading...

Check Also

Pemkab Bangka Tengah Jalin Kerja Sama dengan PT Pegadaian

WARTABANGKA, KOBA – Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng), Herry Erfian membuka kegiatan sosialisasi pemanfaatan produk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *